Majalah Sunday

Broadcasting: Jurusan Kece dengan Potensi Kerja di Industri Media

Penulis: Cahya Agung Kurniawan
Editor: Imani – UNJ

Sunners, kalian punya cita-cita ingin jadi sutradara, jurnalis, editor, atau penata kamera? Pas banget nih, karena dalam artikel ini kita akan membahas jurusan broadcasting yang sesuai banget sama kamu yang berminat di profesi-profesi tersebut!

Jurusan Broadcasting

broadcasting
Kamu bisa mempelajari ilmu dasar penata kamera dalam industri media di jurusan Broadcasting, pict by canva.com

Jurusan broadcasting ini merupakan jurusan yang fokus mempelajari hal-hal seputar media massa, mulai dari media massa konvensional seperti koran, majalah, televisi, radio, dan lain-laon sampai ke new media seperti YouTube dan platform penyiaran digital lainnya.

Di jurusan ini, kalian akan diajari bagaimana sih membuat program atau acara siaran yang baik. Mulai dari cara berpikir kreatif untuk menemukan ide, manajemen saat proses pra-produksi, produksi, sampai post-produksi. Selain itu, kalian juga akan merasakan pengalaman menarik lainnya, loh!

Biasanya, kalian akan ditugaskan untuk membuat produk yang berhubungan dengan dunia industri media, seperti film pendek, talk show, ataupun liputan berita. Hal ini dilakukan agar kalian terbiasa dan bisa beradaptasi dengan cepat ketika lulus dan mulai memasuki ranah industri media.

Oh ya, di jurusan ini kalian juga akan mempelajari teori-teori seputar komunikasi yang dapat meningkatkan skill kalian dalam bersosialisasi sehari-hari, loh! Di antaranya ada psikologi komunikasi, komunikasi visual, etika komunikasi, bahkan filsafat komunikasi. Menarik, ‘kan?

broadcasting
Area kerja staf di belakang layar yang bisa kamu pelajari ilmunya di jurusan Broadcasting, pict by canva.com

Bagaimana, sangat menarik bukan jurusan Broadcasting ini? So, buat kalian yang punya cita-cita ingin berkarir di industri media atau bahkan entertainment, bisa banget nih pertimbangin jurusan Broadcasting ini sebagai pilihan kalian untuk lanjut ke perguruan tinggi.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

 

Lagi bingung memilih jurusan untuk lanjut kuliah? Punya cita-cita ingin jadi sutradara, jurnalis, editor, atau penata kamera? Pas banget nih karena dalam artikel ini kita akan membahas salah satu jurusan yang mempelajari hal-hal tersebut.

Broadcasting ini merupakan jurusan yang fokus mempelajari hal-hal yang terkait dengan media massa, mulai dari media massa

konvensional seperti koran, majalah, televisi, radio, dan lain-lain sampai ke new media seperti Youtube dan platform penyiaran digital lainnya. Di jurusan ini kalian akan diajari bagaimana sih membuat program atau acara siaran yang baik, mulai dari cara berpikir kreatif untuk menemukan ide, manajemen saat proses pra produksi, produksi, sampai post produksi. Selain itu kalian juga akan merasakan

pengalaman menarik karena biasanya kalian akan ditugaskan untuk membuat film pendek, talk show, ataupun liputan berita. Hal ini dilakukan agar kalian terbiasa dan bisa beradaptasi dengan cepat ketika lulus dan mulai memasuki ranah industri media.

Oh ya, di jurusan ini kalian juga akan mempelajari teori-teori seputar komunikasi yang dapat meningkatkan skill kalian dalam bersosialisasi sehari hari loh. Diantaranya ada psikologi komunikasi, komunikasi visual, dan bahkan filsafat dan etika komunikasi.

Bagaimana sangat menarik kan jurusan Broadcasting ini? So, buat kalian yang punya cita-cita ingin berkarir di industri media atau bahkan entertainment, bisa banget nih pertimbangin jurusan Broadcasting ini sebagai pilihan kalian untuk lanjut ke perguruan tinggi.

Penulis Cahya Agung Kurniawan

Post Views: 822
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?