Majalah Sunday

Bocoran Pertanyaan Wawancara Organisasi Yang Pasti Keluar!

Penulis: Atika Salsabila – Universitas Padjadjaran

Bergabung dalam suatu organisasi memang suatu hal yang harus dicoba oleh seorang remaja. Organisasi merupakan suatu wadah pengembangan diri yang dapat dicoba oleh semua kalangan. Mulai dari tingkatan sekolah hingga perkuliahan. Pernahkah kalian mendengar organisasi seperti OSIS, Hima, atau BEM? Beberapa hal tersebut merupakan contoh organisasi yang sudah familiar dikalangan pelajar atau mahasiswa. So, kita mau obrol tentang pentingnya masuk organisasi dan juga bagaimana cara agar kamu dapat menjawab wawancara organisasi nantinya?

bocoran wawancara pertanyaan organisasi cara menjawab

Ilustrasi Wawancara, pict by pixabay.com

Seberapa Penting Masuk Organisasi?

Secara umum, beberapa tujuan organisasi adalah sebagai berikut ini (Sulaksono, 2015):

  1. Sebagai wadah untuk bersama-sama mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
  2. Meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumberdaya yang dimiliki.
  3. Sebagai wadah bagi individu-individu yang ingin memiliki jabatan, penghargaan, dan pembagian kerja.
  4. Sebagai wadah untuk mencari keuntungan secara bersama-sama.
  5. Organisasi berperan dalam pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.
  6. Organisasi dapat membantun individu-individu untuk menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang dengan baik.
  7. Sebagai wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan.

Dari uraian tersebut telah menjelaskan pentingnya sebuah organisasi dalam membantu pengembangan diri sesesorang. Bergabung dengan suatu organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat akan membawa dampak positif pada diri kita sendiri seperti, melatih mental seseorang agar lebih baik, memudahkan pemecahan masalah, melatih kepemimpinan seseorang, menjadikan pergaulan menjadi lebih luas, menambah wawasan, dan sebagai tempat pembentukan karakter seseorang. Sehingga manfaat dari bergabung dalam suatu organisasi ini dapat menjadi suatu hal positif yang dapat dicoba oleh Sunners!

 

Tahapan Seleksi Anggota Baru

Dalam suatu organisasi pasti akan ada masa perekrutan anggota baru. Tahapan yang dilakukan oleh tiap organisasi dalam menerima anggota baru memang tidak selalu sama. Tetapi, idealnya suatu organisasi akan mengadakan penyeleksian berkas, tahapan wawancara, studi kasus, dan tahap akhir pengumuman anggota baru.

Beberapa tahapan ini biasanya harus dilalui para calon anggota baru untuk bisa bergabung dalam suatu organisasi. Jika ada calon anggota yang gugur dalam salah satu tahap, biasanya tidak akan bisa lanjut ke tahap berikutnya dan dinyatakan tidak lolos. Hal ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul yang sesuai dengan visi misi suatu orgnisasi. Gagal bukan berarti akhir dari segalanya. Justru kegagalan bisa menjadi suatu pembelajaran agar bisa mengetahui kesalahan kita dan memperbaikinya suatu hari nanti. 

Maka dari itu, Sunners bisa mulai mempelajari tips-tips berikut agar bisa lolos dalam tahap wawancara seleksi organisasi.

Pertanyaan Yang Pasti Ditanyakan!

Setelah penyeleksian berkas-berkas seperti formulir dan CV, bisanya para calon anggota baru akan masuk dalam tahap interview atau wawancara. Pada tahap ini biasanya beberapa orang akan kesulitan karena bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan yang telah diberikan.

Tapi, Sunners tidak perlu khawatir karena berikut ini akan ada sedikit bocoran mengenai pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan dalam sesi wawancara 

1. Perkenalan Diri serta Kelebihan dan Kekurangan

Pada bagian awal sesi wawancara, pasti Sunners akan diminta untuk memperkenalkan diri secara singkat mengenai latar belakang kalian. Dalam menjawab pertanyaan ini, pastikan Sunners menjawab dengan menarik dan sesuai fakta. Pertanyaan pembuka ini bisa menjadi pembuka yang baik agar pewawancara tertarik untuk melirik kalian nih, Sunners

Kemudian pada bagian pertanyaan kelebihan dan kekurangan pastikan kalian menjelaskan sedetail mungkin. Tonjolkan bagian kelebihan yang kalian miliki agar menarik perhatian pewawancara. Siapa tahu, kelebihan yang Sunners miliki sesuai dengan kriteria yang di inginkan oleh pewawancara. Ketika menjawab mengenai kekurangan yang dimiliki, pastikan Sunners juga menyertai dengan solusi yang ditawarkan untuk menyamarkan kekurangan tersebut. Sejatinya memang tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi, selalu ada cara agar kekurangan itu tidak menutupi kelebihan yang dimiliki.

2. Apa Saja yang Kamu Ketahui Tentang Organisasi Ini?

Pertanyaan selanjutnya cukup menjebak nih, Sunners. Para calon anggota baru akan diuji kesiapannya dalam bergabung pada suatu organisasi melalui pertanyaan ini. Maka dari itu, pastikan membaca buku panduan mengenai pendaftaran anggota baru dengan lengkap. Biasanya pertanyaan ini meliputi visi misi organisasi, slogan organisasi, nilai-nilai organisasi, program kerja yang akan dijalankan, bahkan hingga nama ketua dan wakil ketua organisasi yang akan kalian pilih loh, Sunners. Mengetahui apa saja yang menjadi bagian dari organisasi merupakan hal fundamental yang harus dipelajari oleh para calon anggota baru. 

3. Kenapa Harus Kamu yang Dipilih?

Pertanyaan berikutnya akan menjadi salah satu penentuan diterima atau tidaknya calon anggota baru. Melalui pertanyaan ini, pewawancara akan melihat kesungguhan dan komitmen kamu dalam masuk ke sebuah organisasi. Maka dari itu, jawab pertanyaan ini dengan menarik dan meyakinkan. Sunners bisa menjawabnya dengan kontribusi yang akan diberikan atau menyebutkan kelebihan yang dimiliki sesuai dengan kriteria pewawancara. Dengan demikian, pewawancara akan melirik kalian melalui jawaban yang diberikan secara tegas dan lugas. Tapi perlu diingat, jawaban yang diberikan tidak hanya janji semata tapi harus disertai dengan bukti nyata agar terwujud cita-cita organisasi bersama yang sesuai dengan realita.

Gimana nih, Sunners? 3 pertanyaan bocoran diatas pasti akan memberi gambaran kalian calon anggota baru organisasi untuk menjawab pertanyaan yang sama. Pertanyaan itu merupakan bocoran pertanyaan yang umumnya keluar dalam sesi wawancara. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada beberapa pertanyaan tambahan yang akan diajukan oleh pewawancara terkait organisasi yang akan kalian pilih. Tapi tetap tenang, selama kalian memiliki minat yang tinggi pada suatu hal pasti kalian akan berusaha meraihnya dengan mempersiapkan diri lebih baik lagi. Tetap semangat, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 116
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?