WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Bisa Gak Ya Anak SMK Lulus SNMPTN?

Hai hai Sunners! Gak terasa nih tahun ajaran baru akan dimulai bulan depan. Beberapa di antara kamu yang akan naik ke kelas 12, mungkin saat ini mulai memikirkan rencana setelah lulus. Apakah melanjutkan kuliah atau tidak, terutama jika kamu adalah siswa SMK. Tapi, ketika kemarin melihat kakak kelasmu yang ingin melanjutkan kuliah harus bersusah payah bagi waktu untuk persiapan ujian sekolah, ujian kompetensi dan latihan soal SBMPTN. Kamu jadi ragu karena hal itu sangat sulit kamu lakukan. Ingin coba SNMPTN tapi… emang bisa ya anak SMK lulus SNMPTN terutama di PTN favorit? Yuk kita coba bahas di bawah.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih sering disebut SNMPTN merupakan salah satu seleksi masuk PTN yang pelaksanaannya tanpa melalui tahap tes melainkan dari nilai rapor semester 1-5, prestasi akademik atau non akademik dan rekam jejak sekolahmu. Adapun kuota untuk ikut seleksi SNMPTN ini disesuaikan oleh akreditasi sekolah yaitu: untuk sekolah dengan akreditasi A boleh mendaftarkan 40% siswa terbaik di sekolahnya, sekolah dengan akreditasi B boleh mendaftarkan 25% siswa terbaik di sekolahnya, dan sekolah dengan akreditasi C dan lainnya hanya boleh mendaftarkan 5% siswa terbaik di sekolahnya. Jadi, kalau kamu berencana untuk ikut SNMPTN, mulai sekarang maksimalkan nilai dan prestasimu ya agar dapat masuk ke dalam kuota siswa terbaik di sekolahmu!

Selain hal di atas, hal yang perlu kamu perhatikan juga yaitu soal jurusan yang akan kamu pilih. Untuk pemilihan jurusan di SNMPTN, kamu sebaiknya memilih jurusan yang masih berhubungan dengan jurusanmu di sekolah saat ini agar peluang diterima jadi semakin besar. “Tapi masih bingung Min, jurusan kuliah kan banyak”. Eittss jangan khawatir! Berikut Mimin kasih list beberapa jurusan SMK yang cocok dengan beberapa jurusan di Perguruan Tinggi.

sumber: rencanamu.id

Dan hal terakhir yang perlu kamu perhatikan untuk ikut SNMPTN adalah data para alumni sekolahmu yang diterima di PTN. Selain data sekolah, data alumni ini juga tidak kalah penting lho dalam penyeleksian SNMPTN sebab dalam ketentuan SNMPTN siswa yang tidak mengambil hasil SNMPTN maka asal sekolah siswa tersebut kemungkinan akan mendapat penurunan nilai indeks sekolah yang sedikit banyak punya pengaruh untuk penerimaan kuota di PTN. Kuncinya untuk masalah ini, perbanyak komunikasi dengan guru BKmu ya Sunners!

Nah, itu dia penjelasan mengenai mekanisme SNMPTN dan peluangnya untuk anak SMK. Jadi, apakah anak SMK bisa lulus SNMPTN dan kuliah di PTN favorit?? Bisa. Asalkan nilai, prestasi akademik dan non akademik serta rekam jejak sekolahmu cukup baik. Jadi, mulai sekarang kamu bisa mulai mempersiapkan ketiga hal tersebut sebaik mungkin.

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment