Majalah Sunday

Bikin Nostalgia, Ini Bedanya Gabut Dulu dan Sekarang

Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Halo, Sunners. Kalian tentunya pernah dong merasa gabut alias nggak ada kerjaan di sekolah atau kampus? Kalau lagi gabut gitu biasa kalian ngapain, sih? Main game kekinian kayak Mobile Legend? Bikin video di TikTok? Atau lebih milih tidur?

Kondisi gabut anak SMA/K zaman dulu dan sekarang emang nggak beda jauh. Yup, nggak beda jauh dari yang namanya santai-santai dan me time, loh. Yang membedakan keduanya cuma satu hal, yaitu teknologi. Teknologi yang kayak gimana, sih, yang bikin kegabutan di zaman kalian beda? Ini dia nih bedanya gabut zaman dulu dan sekarang.

Aplikasi Chatting

Jam kosong di kelas emang bikin kalian gabut parah. Tapi, tenang aja, karena dulu BBM jadi tren di mana-mana. Kalian bisa dengan mudah chatting-an sama temen, gebetan, atau pacar. Selain itu, di BBM kalian juga pasti sering ngecek status kontak yang ada, kan? Kalau gabutnya udah parah banget, profil kontak juga di-zoom satu persatu. Tapi, sekarang BBM udah nggak ada yang gunain. Meskipun udah hilang, BBM ini ada penggantinya, loh. Yup, aplikasi TikTok. TikTok ngebolehin kalian untuk berkreasi dengan video. Kalian bisa bikin cover lagu, bikin drama kecil-kecilan, atau bisa bikin video yang kreatif-kreatif.

main tiktok sebagai kegiatan pengisi waktu gabut di zaman sekarang

Gabut? TikTok-an aja! pict by canva.com

Scroll Sosmed

Friendster sempat jadi tren di kalangan anak muda tahun 2000-an. Dulu, lewat Friendster kalian bisa dengan mudah tahu tentang seseorang yang belum dikenal, nih. Aplikasi yang ditemukan oleh Jonathan Abrams ini, sayangnya, sekarang udah tutup. Kalau dulu Friendster udah jadi kebutuhan primer, kayaknya sekarang itu Instagram dan Facebook, ya. Setiap gabut sebentar, pasti bukanya IG dan FB ini.

scroll instagram sebagai kegiatan pengisi waktu gabut di zaman sekarang

Scroll Instagram sebagai kegiatan pengisi waktu gabut di zaman sekarang, pict by canva.com

Main Game

Siapa sih di sini yang nggak suka main game? Nggak cuma bikin rileks, main game juga bisa mengasah otak, nih. Jaman dulu, salah satu game sejuta umat adalah Mario Bros, Pac Man, Sonic the Hedgehog Classic, dan Tamagotchi. Kalian pastinya memainkan salah satu dari game tadi. Namun, di jaman sekarang ini, game kekinian adalah DOTA dan Mobile Legend. Apalagi di saat gabut di kelas, bisa-bisa ada mabar alias main bareng DOTA.

main game dota sebagai kegiatan pengisi waktu gabut di zaman sekarang

Game DOTA, pict by www.nag.co.za

Main Kartu

Dari jaman dulu sampai sekarang, kartu yang selalu dibawa di tas adalah kartu UNO. Meskipun teknologi udah jauh berkembang, hobi buat main kartu pas lagi gabut nggak berkurang, nih. Perbedaannya cuma terletak di medianya aja. Main kartu lewat aplikasi yang ada di Playstore, seperti Snakes and Ladders King. Kalian udah coba?

dari dulu sampai sekarang, main kartu uno tetap jadi pilihan kegiatan pengisi waktu gabut

UNO, permainan kartu yang tak lekang waktu, pict by canva.com

Baca Komik

Buat yang suka baca komik atau majalah, perpustakaan sekolah pasti menyediakannya. Pas pelajaran kosong, dulu kalian pasti hobi banget ke perpustakaan cuma buat baca komik sama majalah, nih. Bahkan ada juga yang numpang “ngadem” karena perpustakaannya sepi sekaligus bikin menenangkan. Kalau di jaman sekarang, baca komik nggak harus ke perpustakaan sekolah. Kalian bisa membacanya lewat Webtoon. Selain lebih gampang diakses, baca komik di Webtoon bisa lebih banyak pilihannya.

Tampilan Webtoon, pict by www.webtoons.com

Kalau kalian lagi gabut, biasanya kalian akan ngapain?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 936
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?