Majalah Sunday

Bibir Terasa Kering dan Berdarah,
Apa Penyebabya?

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, kamu pernah atau sering mengalami bibir kering bahkan sampai berdarah? Kira-kira kenapa ya, bahkan seringkali terasa sakit ataupun perih. Nah, disini mimin mau menjelaskan beberapa penyebab dan cara menangani dari bibir terasa kering dan berdarah, apa ya penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak.

Penyebab bibir kering

Bibir memiliki lapisan kulit yang tipis dan transparan yang disebut dengan stratum korneum. Letaknya yang berdekatan dengan pembuluh darah membuat bibir secara alami berwarna pink segar. Itulah sebabnya, sedikit luka atau goresan bisa membuat bibir berdarah.

Menurut Klikdokter.com, ada beberapa penyebab bibir menjadi kering, berikut penyebabnya:

  1. Dehidrasi
  2. Kurang vitamin
  3. Kebiasaan menjilat bibir
  4. Cuaca
  5. Penggunaan kosmetik
  6. Konsumsi obat-obatan

Bibir kering dan pecah-pecah sangat rentan terjadi dan dapat mengganggu penampilan. Bahkan, jika dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu kesehatan. Kulit bibir mungkin saja tampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah, terutama jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Cara mengatasi bibir kering

Tentu kita tidak menginginkan bibir kering hingga berdarah, jadi, pastikan untuk menghindari faktor risiko di atas dengan melakukan tips-tips di bawah ini.

  1. Mengurangi mengonsumsi kopi
  2. Makan sayur atau buah-buahan
  3. Konsumsi suplemen kulit
  4. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi
  5. Hindari kebiasaan menjilat atau menggigit bibir
  6. Gunakan lipbalm

Nah, Sunners, jadi itulah beberapa penyebab dan saran untuk membuat kulit bibir kamu menjadi lebih bagus. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips diatas ya, semoga membantu!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 117
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?