Majalah Sunday

Inspirasi Tannia Angelinna dan Aktivitas Berwirausahanya

Penulis: Moses Robinsar – Universitas Kristen Indonesia

Berwirausaha dari Produk Karya Sendiri, Sambil Masih Sekolah? Inilah Inspirasi dari Tannia Angelinna

Mengenal Lebih Dekat Latar Belakang Terbentuknya Kewirausahaan Tannia

Tannia Angelinna atau yang biasa dipanggil Tannia (17), adalah seorang siswi yang berbakat di dalam bidang kerajinan tangan. Bidang kerajinan ini berkembang menjadi hobi Tannia pada saat dia masih beranjak di kelas 10 di sekolah SMK Santa Maria

Pada saat Tannia masih kelas 10, pandemi merebak dengan ganasnya; untuk mengisi waktunya, Tannia dikenalkan dengan aktivitas merajut bersama kakaknya. Merajut ini kemudian bertumbuh menjadi hobi Tannia. Setelah waktu berjalan, Tannia menjadi lebih mahir lagi dalam merajut berkat apa yang sudah dia pelajari, dan berbagai karya tangan yang telah Tannia hasilkan. Tannia pun mulai berpikir untuk membuka usaha ‘Online Shopping’ untuk memulai aktivitas berwirausaha produk karya sendiri.

Berwirausaha Produk Karya Sendiri

Ganci Couple dengan Magnet! Klik di sini untuk membelinya

Ada berbagai peralatan yang Tannia gunakan dalam proses kewirausahaannya, terutama peralatan yang diperlukan untuk merajut, seperti benang, hakpen, jarum, dan sebagainya. Nah, dikarenakan Tannia membuka usahanya, sudah pasti Tannia harus memiliki barang, atau peralatan yang dapat digunakan untuk mengirim jasanya. Untuk itu, Tannia sudah mempersiapkan alat untuk mengemas barang, yaitu seperti box, bubble wrap, dan sebagainya.

Untuk media yang dapat membantu aktivitas berwirausaha produk karya sendiri Tannia, untuk pertama, Tannia menggunakan platform Shopee, Instagram, dan Tiktok untuk membuka usahanya, dan juga untuk memposting konten terkait tentang toko Tannia. Nah, untuk membantu postingan foto produk Tannia lebih menarik lagi, dia juga menggunakan aplikasi editing seperti Adobe Illustrator dan Canva untuk mengedit foto-foto yang akan dipublikasi.

Nah Sunners, pasti apa yang Tannia sedang jalani mungkin terdengar menyenangkan atau menarik untuk kalian, tetapi menjalani kewirausahaan ini tidak mudah loh. Tannia pun harus menghadapai banyak tantangan!

Tantangan Yang Tannia Hadapi Dalam Aktivitas Berwirausahanya

Yuk, melihat ke belakang! Pada saat Tannia, Bersama kakaknya, memulai membuat akun toko onlinenyanya dua tahun yang lalu, mereka belum ada pemikiran untuk berfokus pada usahanya dan pada akhirnya usaha Tannia tidak berjalan dengan benar. Oleh karena itu, Tannia dan kakaknya meluangkan waktu 2 jam setiap harinya untuk membahas ide dan strategi. Tannia dan kakaknya merancang strategi untuk membuat toko onlinenya menjadi lebih hidup dalam desain, lebih aktif di dalam sosial media, mengembangkan cara pengemasan, membuat konten yang lebih menarik, memperbaiki produk, dan juga mempromosi barang-barang produk mereka.

Berkat perjuangan yang dilakukan, akhirnya mereka berhasil membangkitkan usahanya! Setiap hari, mereka menerima pesanan baru. Namun, ini juga menjadi tantangan bagi Tannia, yang masih menjadi pelajar. Oleh karena itu, Tannia harus mengatur waktu dengan baik.

“Saya ingat dukungan orang tua. orang terdekat dan perjuangan saya untuk memulai usaha ini. Akhirnya, saya memutuskan untuk membuat jadwal, sebisa mungkin saya mengerjakan tugas sekolah di sekolah supaya saya bisa fokus ke kerjaan saat di rumah,” 

Ujar Tannia.

Inilah komitmen Tannia dalam mengembangkan usahanya. Sampai sekarang pun, Tannia masih ingin fokus mengembangkan usahanya dalam berbagai hal!

Dalam hal ini, merupakan menjadi faktor mengapa Tannia memilih untuk melanjutkan sekolahnya di SMK Santa Maria adalah untuk mempelajari cara bisnis yang baik! Jika sunners penasaran dengan kelas apa yang Tannia pilih, dia memilih kelas Multimedia yang dapat membantu Tannia dengan menjalanni usahanya.

Berwirausaha Produk Karya Sendiri

Flower Tote Bag yang Unik dan Cantik, 100% Handmade. Klik di sini untuk Mendapatkannya!

Tannia Angelinna Sebagai Inspirasi Untuk Masa Depan

Untuk goalnya Tannia dalam berwirausaha produk karya sendiri Tannia untuk hari kedepannya, ia masih ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi, seperti membangun toko offline, membuka kelas crochet/merajut, mengikuti bazaar, dan membuat usahanya lebih dikenal lagi oleh banyak orang.

Buat Sunners yang ingin memulai usaha, jangan ragu untuk punya tujuan/mimpi yang besar dan jangan takut untuk gagal, karena dengan kegagalan, justru kamu bisa belajar dan memperbaiki kesalahan kamu supaya bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya. Dan jika Sunners mau dan sudah memulai usaha, yang paling penting adalah tidak boleh malas dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu mulai. Berwirausaha itu memang perlu waktu dan proses yang sangat panjang, jadi jangan berhenti tengah jalan ya!

Sekian dari artikel ini, jika Sunners ada yang tertarik dengan karya-karya hasil Tannia dan juga tokonya, kalian bisa mengunjungi link ini: https://msha.ke/itspapillon

Berwirausaha Produk Karya Sendiri

Tannia Angelinna dan Beberapa Hasil Karyanya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 245
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?