WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Berbicara dan Negosiasi dengan Diri Sendiri

Terkadang, bagian dari hidup kita tidak terasa lengkap, menyenangkan, cenderung tidak punya makna dan maksud, serta tujuan hidup yang tak kunjung terlihat lagi. Kehilangan diri sendiri memanglah tidak mengenakkan, karena beberapa hal yang telah disebutkan tersebut. Dirasa pun kamu tidak bisa menyalahkan diri kamu sendiri ataupun orang lain mengenai hal tersebut.

Aku mau ngobrol tentang bagaimana caranya agar kita gak kehilangan diri sendiri

Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut, dan mungkin hanya kamu yang mengetahuinya. Dikhianati kepercayaannya oleh yang kamu percaya, ketika kamu lulus dan tidak harus melakukan apa, gagal dalam melakukan sesuatu, ada dalam hubungan yang tidak sehat, baik itu dengan keluarga ataupun orang terdekatmu, dan juga masih ada banyak hal lain lagi, variabel nya tidak terbatas, karena masalah yang mengganggu satu orang belum tentu mengganggu orang lain, begitu juga sebaliknya.

Mengetahui hal tersebut, membuat kita sering kali melihat dan membandingkan orang dengan diri kita, secara sadar ataupun tidak sadar. Mungkin kamu bisa menerapkan hal ini untuk menyelesaikan masalah kamu.

Mencari Sumber Masalah

Demi diri kamu sendiri, kamu pasti ingin menyelesaikan ini secepatnya. Kira-kira apa yang menyebabkan kamu ada di posisi ini. Jikalau memang pada akhirnya tidak ditemukan sumber serta akar masalahnya, tidak mengapa, kamu setidaknya mencoba dan menghilangkan rasa penasaranmu, mungkin juga bisa sedikit melegakan diri.

Menyalahkan dan Tidak Menyalahkan

Terdengar kontradiksi, kamu bisa melakukan hal ini sebagai salah satu pilihan. Menyalahkan seseorang, diri sendiri ataupun yang lainnya dilakukan secara faktual karena memang dirasa mereka adalah yang orang yang bisa disalahkan. Atau tentunya kamu tidak merasa perlu dan tidak ingin menyalahkan seseorang atas apa yang menimpa kamu.

Bantuan Moral

Bisa dilakukan dengan bertukar pikiran dengan orang terdekat, atau dengan bantuan professional.

Menerima

Iya, menerimanya. Tidak secara pasrah tentunya. Kamu harus bisa mengatasinya di kemudian hari.

Walaupun begitu, tidak ada hal dan cara yang pasti untuk kamu bisa berbicara dan negosiasi dengan dirimu. Karena kamu sendirilah yang merasakan hal tersebut. Bisa saja orang lain mengatakan kamu akan sembuh, merasa lebih baik, dan lain sebagainya jika kamu melakukan hal ini dan itu. Tapi bila kamu tidak merasa demikian, apa yang membedakannya. Kamu sendirilah yang tau bagaimana cara terbaik mengenai hal ini, maka persoalan mengenai bicara dan negosiasi, memang lebih baik dikembalikan ke diri sendiri.

Penulis : Priyo Utomo – Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment