WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Berbeda Pendapat dengan Keluarga terkait Masa Depan Kamu? Berikut Tipsnya!

Hola, Sunners! Masa depan untuk kamu yang baru selesai menempuh pendidikan wajib 12 tahun sejatinya ditentukan oleh dirimu sendiri, apakah kamu ingin melanjut untuk bekerja, atau kamu ingin kuliah, it’s up to you. Kemampuan, minat, dan bakatmu merupakan pendorong yang paling berpengaruh dalam menentukannya. Tapi, gimana ya, semisal orang-orang terdekat kamu seperti keluarga, khususnya orang tua, (atau malah pacar kamu? hihi) kurang setuju dengan pilihan kamu ke depannya? Tenang, kali ini Sunday akan memberikan sedikit tips untuk kamu supaya gak lagi bingung menghadapinya.

Bersikap tenanglah terlebih dahulu, jangan terbawa emosi

Dalam menghadapi berbagai macam permasalahan utamanya memanglah tetap untuk bersikap tenang, sehingga kamu bisa fokus pada permasalahan tersebut. Jika sudah dalam keadaan tenang, silakan kamu merenungkan kembali tentang keputusanmu. Hal ini perlu diperhatikan untuk memperkirakan tingkat kematanganmu terhadap apa yang kamu pilih itu. Ingatlah bahwa keputusanmu ini sangat menentukan masa depanmu kelak, jadi jangan sampai kamu tergesa-gesa apalagi ceroboh ya, Sunners!

Komunikasikan bersama dengan menyampaikan maksud serta tujuanmu

Kamu harus pintar-pintar untuk memilih waktu, lokasi, dan kondisi yang memungkinkan, untuk mengajak keluargamu berkumpul dan membicarakan terkait keputusanmu tersebut. Buatlah keluarga kamu yakin bahwa kamu mampu mempertanggungjawabkan keinginan kamu itu. Di saat seperti ini, kamu juga harus bisa menjelaskan secara rinci tujuanmu memilih keputusanmu itu.

Dengarkan saran yang disampaikan oleh keluargamu

Jika salah satu keluargamu, khususnya ayah atau ibumu memberikan pendapat, dengarkan terlebih dahulu pendapat tersebut dengan saksama. Hargai dan respon pendapat tersebut dengan tutur kata yang sopan. Satu hal yang harus kamu perhatikan, jangan sampai merespon dengan emosi, apalagi membantah omongan orang tua. Durhaka, tau! Jadi kamu harus tetap stay cool.

Tunjukkan usaha yang sudah kamu jalani selama ini

Kalau memang kamu merasa yakin dan mantap, kamu harus menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh agar keluargamu juga melihat keseriusan kamu. Hal itu tentu sebagai bentuk upaya kamu untuk meluluhkan hati mereka.

Berbeda pendapat soal masa depan dengan keluarga memang kerap kali terjadi. Bagaimana pun juga, keluargamu tetap ingin jalan yang terbaik untukmu. Maka dari itu, dengan komunikasi yang baik, tentu hal itu dapat dibicarakan dan ditemukan titik solusinya. So, jangan patah semangat, dan teruslah berusaha raih cita-citamu ya, Sunners!

(Ahmad Irvan – Universitas Negeri Jakarta)

Leave A Comment