Majalah Sunday

Belajar Self Love & Mengatasi Insecure dari Karakter Webtoon

Penulis: Alda Alviani Zahroh – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Hai, Sunners! Kalau kamu suka atau hobi baca komik pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Webtoon. Yap, portal web komik asal Korea Selatan yang diluncurkan oleh Naver pada tahun 2004 ini memiliki daya tarik yang tinggi selama satu dekade terakhir. Hal yang membuatnya berbeda dengan komik-komik negara lain adalah Webtoon tidak hanya menampung cerita fiksi fantasi yang di luar nalar, tetapi juga menyajikan cerita fiksi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya cara self-love dari para karakter Webtoon untuk menghadapi masalah insecurity. Kira-kira siapa saja karakter Webtoon yang memiliki masalah tersebut? Yuk kita bahas!

1. Oh Nari (Girl's World)

Oh Nari, belajar self love dari Webtoon Girls World

Oh Nari, si bebek yang ngajarin kamu buat pede, pict by odd-girl-out.fandom.com

Dalam Webtoon ini, karakter Nari digambarkan sebagai siswi SMA yang biasa-biasa saja. Konflik dimulai saat ia bersahabat dengan tiga siswi cantik. Ia merasa minder karena orang-orang di sekitarnya sering membandingkan dirinya dengan ketiga sahabatnya dengan julukan ‘bebek diantara kumpulan angsa’ ditambah lagi ia sering dimanfaatkan sebagai pengantar barang dari orang-orang yang menyukai sahabatnya. Tapi seiring berjalannya cerita, kepribadian Nari berkembang menjadi orang yang lebih percaya diri dan ia juga memiliki kemauan yang kuat untuk memperlakukan semua orang di sekitarnya dengan setara.

2. Park Hyungseok (Lookism)

Park Hyungseok, belajar self love dari Webtoon Lookism

Park Hyungseok, tubuh double dari Lookism, pict by webtoon.fandom.com

Dalam Webtoon ini, Hyungseok atau Seok adalah siswa bertubuh gempal dan berasal dari keluarga miskin. Karena hal inilah ia menjadi sasaran empuk kelompok bully di sekolahnya, ditambah lagi perlakuan diskriminasi dari orang luar hingga membuat ia menjadi orang yang berkepribadian rendah. Sampai suatu hari ia dikejutkan dengan adanya tubuh baru yang berbeda 180 derajat dari tubuh aslinya. Berkat tubuh barunya, Seok menjadi orang yang memiliki kepercayaan diri dan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik. Ia juga memanfaatkan tubuh barunya ini untuk melindungi orang yang lemah, lho!

2. Im Jukyung (The Secret of Angel)

Im Jukyung, belajar self love dari karakter Webtoon The Secret of Angel

Im Jukyung, make up untuk kepercayaan diri, pict by kompasiana.com

Nah yang terakhir, Im Jukyung. Ia juga karakter dengan kepribadian rendah karena saat SMP ia sering di-bully oleh teman-temannya karena wajahnya yang tidak cantik. Hingga suatu hari ia mulai belajar make up dan mengubah penampilannya. Berkat make up, ia mendapatkan kepercayaan diri dan kehidupannya di masa SMA menjadi lebih baik. Meskipun begitu, ia tetap rendah hati dan tidak segan untuk membantu cewek yang ingin belajar make up dengannya. Dari Jukyung ini kita juga jadi tahu nih Sunners bahwa kehidupan cewek yang berusaha menyesuaikan diri dengan standar kecantikan ternyata nggak mudah.

Nah, itu dia kisah self love dan mengatasi insecure ala tiga karakter Webtoon yang bisa kamu ikuti. Dari ketiga karakter di atas, apakah ada karakter favorit kamu?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,557
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?