Majalah Sunday

Belajar Bersyukur dari Via Vallen

Penulis: Alfa Raytama Rumopa – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Manusia selalu saja menyepelekan hal-hal kecil dalam hidupnya, hingga tak sadar kalau hal besar tak akan pernah ada atau terjadi jika tidak dimulai dari hal kecil.

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan Via Vallen, artis Indonesia atau penyanyi dangdut yang satu ini? Perjalanan kehidupannya cukup sulit dan keras. Ia pernah menjadi pengamen di jalanan saat ia masih di bawah umur, bahkan pernah ditangkap oleh Satpol PP. Selain itu, dia juga pernah menawarkan jasanya ke orang lain atau ke rumah-rumah seperti membantu mereka melakukan sesuatu yang disuruh, demi mendapatkan uang tambahan. Karena menurutnya, daripada ia harus meminta-minta atau mengemis pada orang, lebih baik ia menawarkan tenaganya untuk membantu orang lain.

Ia tetap berjuang, tetap melakukan ‘hal-hal kecil’ demi memenuhi kebutuhannya dan keluarganya. Ia tidak malu karena dia melakukan dengan rasa syukur. Sampai pada akhirnya ia bertemu dengan temannya dan mendapat tawaran untuk mengisi suatu acara. Hingga semakin lama dan seiring berjalannya waktu, ia selalu dipanggil untuk mengisi acara dari kota ke kota, sampai akhirnya ia membuat album pertamanya dan namanya semakin terkenal hingga sekarang. Usahanya membuahkan hasil yang besar. Berkat perjuangannya melakukan hal-hal kecil dan tetap menghargai hal kecil tersebut, jalan hidupnya sekarang pun jadi jauh lebih baik.

Via Vallen membagikan pengalamannya yang memotivasi kita untuk belajar bersyukur dan memulai perubahan dengan hal-hal kecil.

Via Vallen, pict by youtube.com/Viavallen.official

Apa sih definisi menghargai hal-hal kecil?

Kita sebagai makhluk sosial tentunya akan selalu membutuhkan bantuan dan dukungan dari orang lain, maka dengan demikian kita harus belajar menghargai orang lain jika kita ingin dihargai. Dengan perilaku kita, apa yang kita lakukan dengan hal-hal kecil bisa membuahkan hal yang besar nantinya. Menghargai hal-hal kecil bukan hanya tentang menghargai seseorang, tetapi juga kita harus bisa menghargai diri sendiri dengan melakukan dari hal-hal yang kecil atau usaha-usaha yang kecil untuk mendapatkan hal yang besar nantinya. Jangan lupa juga untuk melakukannya dengan rasa syukur dan terus tersenyum tanpa peduli situasi dan kondisimu.

“Mulai dari hal kecil saja.

Kalimat tersebut terdengar simple dan mudah. Namun, setiap orang yang sukses tidak akan meremehkan hal-hal yang kecil, karena dalam kehidupan, kita membutuhkan proses, dan proses tersebut bisa kita mulai dengan melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu.

Hidup, mati, jodoh, dan rezeki pun semuanya sudah diatur Tuhan. Jika kamu meremehkan pekerjaan seseorang maupun pekerjaanmu sendiri, berarti kamu tidak memiliki rasa syukur dan merendahkan jalan hidup yang telah diatur Tuhan.

Di zaman sekarang setelah pandemi COVID-19, banyak hal makin sulit dilakukan. Dalam kondisi ini, seharusnya sebuah pekerjaan atau usaha sekecil apapun diberi apresiasi atau dihargai. Jadi, semangatlah dalam usaha meraih impian. Mulai dari hal sekecil apapun itu, tidak masalah; karena ada kalimat yang mengatakan bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 810
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?