Majalah Sunday

Universitas Brawijaya
dari Pandangan Mahasiswa

Penulis: Ari Setiawan – Majalah Sunday

Buat banyak pelajar, masa-masa kuliah adalah momen yang ditunggu-tunggu. Rasanya udah lama ngejar mimpi buat masuk perguruan tinggi negeri, dan salah satu yang bikin penasaran itu Universitas Brawijaya (UB) di Malang. Gak jarang, rasa keresahan campur penasaran itu bikin deg-degan.

Hal yang harus disiapkan agar dapat masuk Universitas Brawijaya

Yang pertama adalah persiapan. Ujian masuk PTN itu gak main-main, dan persiapannya harus serius. Belajar, belajar, dan belajar lagi adalah kata kunci. Nilai rapor juga penting, jadi jangan sampai mengabaikannya.

Yang kedua adalah pilihan jurusan. UB punya berbagai jurusan yang menarik. Apa yang kamu suka dan minati? Cari tahu lebih banyak tentang jurusan-jurusan di UB, dan pertimbangkan mana yang sesuai dengan passionmu.

Nah, yang ketiga adalah rasa penasaran tentang UB itu sendiri. Bagaimana suasana kampusnya? Apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti? Gimana dengan dosen dan fasilitasnya? Ini saatnya browsing, cari info dari sumber-sumber yang bisa dipercaya.

Tips agar kamu siap masuk ke Universitas Brawijaya

Tentu ada banyak keresahan yang mungkin terbayang ketika kamu memilih berkuliah agak jauh, termasuk di UB. Maka ada baiknya kalau kamu juga mencari tahu langsung dari sumber resmi UB atau bisa juga nanya ke kakak-kakak yang sudah kuliah di sana.

Keresahan juga mungkin muncul ketika berpikir tentang biaya. Kuliah di PTN memang lebih terjangkau dibandingkan dengan swasta, tapi gak ada salahnya buat mencari tahu tentang beasiswa atau program pembiayaan lainnya yang bisa membantu.

Yang terpenting, jangan lupa menjalani prosesnya dengan hati-hati dan santai. Jangan terlalu stres dan takut, karena itu bisa mempengaruhi performamu. Yang penting, tetap berusaha sebaik mungkin.

Kamu bisa lakukan ini, remaja! Berjuang untuk masuk UB atau perguruan tinggi impianmu adalah langkah besar yang akan membawa kamu ke masa depan yang cerah. Semangat dan selamat berjuang!

Ada salah satu Pejuang Sunday yang berhasil kuliah di universitas negeri, tapi harus merantau jauh dari rumah. Gimana rasanya? Cek obrolan host kita Lucky Adnan bersama Luke Oswald!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 574
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?