WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Begini Cara Ampuh Bikin Laptop Lama Kamu Berfungsi Lagi

Seiring berjalannya waktu banyak sekali software yang memerlukan update agar bisa menikmati fitur terbarunya, termasuk sistem operasi yang mayoritas menggunakan Windows. semakin memperbarui aplikasi atau sistem operasi, maka akan semakin berat yang menyebabkan sistem tidak merespons atau not responding, bahkan bisa menyebabkan random reboot ngehang terus restart dengan sendirinya. 

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan itu terjadi bisa karena virus, penyimpanan penuh atau yang lainnya. Hal tersebut bisa saja diselesaikan dengan install ulang, tapi itu percuma saja karena seiring pemakaian akan jadi lemot lagi. 

Terus gimana?

Ganti penyimpanan utama atau Storage kamu dengan menggunakan Solid State Drive atau SSD. Jika penyimpanan utama kamu masih menggunakan Hard Disk atau HDD, laptop kamu akan terasa lambat. 

Secara fungsi HDD dengan SSD memang sama, tetapi arsitektur SSD lebih handal serta lebih tahan guncangan ketika dibawa ke mana-kemana. Kecepatan SSD diklaim bisa lebih unggul delapan kali lipat dari HDD, selain itu SSD tidak mudah panas dan berisik setelah dipasang ke laptop kamu.

Selanjutnya adalah menambah kapasitas RAM, karena RAM berfungsi untuk melakukan multitasking agar tidak ada lagi acara ngehang, not responding segala macam hehe!

Terus gimana cara mengganti kedua komponen tersebut? 

Sunners bisa menemukan SSD dan RAM di suku cadang komputer atau di marketplace dengan harga yang memang sedikit lebih mahal. Kamu bisa pasang sendiri jika sudah terbiasa bongkar-bongkar laptop, tapi buat yang tidak mengerti, disarankan untuk menyerahkan kepada yang ahlinya. 

Untuk mengganti booting sistem operasi ke SSD pastikan apakah ada slot yang tersedia biasanya ada slot M.2 untuk SSD tipe NVME, jika tidak kamu harus mengganti HDD bawaan laptop kamu dengan SSD slot SATA, kamu bisa melihat ketika membuka back cover laptop.

Jika ada slot untuk menambah RAM pastikan kamu menambahnya dengan spesifikasi yang sama contoh RAM bawaan mempunyai spesifikasi 2GB DDR3L 12800 PCL, pastikan kamu membeli dengan spesifikasi yang sama; jika berbeda, layar laptop kamu tidak akan tampil. Untuk melihat slot RAM dan spesifikasinya, kamu bisa cek menggunakan aplikasi CPU-Z atau bisa buka back cover laptop kamu sendiri.

Kesimpulannya adalah tetap berhati-hati ketika browsing di internet kemudian jangan lupa install antivirus, jangan terlalu memaksakan laptop untuk menginstall aplikasi yang berat seperti games yang kekinian sekarang, dan gunakan media penyimpanan berbasis SSD (Solid State Drive) untuk menunjang berbagai aktivitas seperti sekarang ini.

Laptop ataupun komputer kita akan memiliki kecepatan booting yang lebih cepat, akses transfer file yang lebih cepat, serta terhindar dari potensi kehilangan data akibat guncangan ketika perangkat dibawa berpergian.

Leave A Comment