Majalah Sunday

Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli

Penulis: Jansen Thionardo – Universitas Bunda Mulia

Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Dalam berteman, Sunners tentunya harus selektif dan peka terhadap orang-orang di sekitar. Saat kita mengalami masalah, terkadang kita ingin mengeluarkan keluhan atau curahan hati kepada teman kita. Sebelumnya, Sunners perlu menyadari bahwa banyak orang-orang yang justru memanfaatkan keadaan kita. Banyak orang yang hanya terlihat peduli, walau sebenarnya ia hanya kepo dengan permasalahan kita. Sebelumnya, Sunners juga perlu mengetahui bagaimana perbedaan antara orang kepo dan peduli. Begini cara tau membedakannya

Cari Tahu Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli Selengkapnya

Cari Tahu Bedanya Orang Kepo dan Orang Peduli Selengkapnya pict by canva.com

Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli #1: Tujuan dari Bertanya

Orang yang peduli cenderung akan bertanya untuk mengerti kondisi Sunners saat mengalami masalah. Mereka tidak memiliki maksud dan tujuan tertentu, sebaliknya mereka akan berusaha untuk membantu. Mereka ingin membuat kita merasa lega dan tenang, serta agar bisa lepas dari masalah yang dihadapi.

Berbeda dengan orang yang sekadar kepo karena hanya untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Bahkan, masalah yang kamu hadapi tersebut disebarluaskan ke orang lain.

Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli #2: Permintaan Bercerita

Orang yang memiliki sikap peduli, justru akan memberikan pilihan ingin bercerita atau tidak. Dengan kata lain, orang yang care tidak ingin memaksa untuk bercerita sangat detail pada masalah yang dihadapi Sunners. Orang yang peduli akan rela menunggu dengan sabar hingga kalian ingin berbicara.

Orang yang kepo sangat ingin menggali informasi tanpa memikirkan perasaan kalian saat ini. Mereka akan berusaha sekuat tenaga agar membuat Sunners bercerita. Caranya bisa seperti mengungkit masalah lain, mengancam, bahkan memberi janji manis.

Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli #3: Kedekatan dalam Berteman

Teman yang peduli adalah teman yang tetap berada di sisi kalian, walau tidak peduli bagaimana kondisi kalian saat ini. Orang yang tulus dan peduli dengan kalian tidak memikirkan di saat senang atau susah saja. Pada dasarnya, orang yang peduli akan tetap peduli walau Sunners tidak mengalami masalah.

Sementara itu, orang yang kepo cenderung mendekati kalian di saat Sunners tertimpa masalah saja. Mereka tidak membantu Sunners dalam memecahkan masalah, justru hanya penasaran. Mereka sekedar ingin tahu masalah apa yang dialami kalian, dan memanfaatkan masalah dari Sunners. Bisa saja mereka membuatnya menjadi bahan gosip dan hoax.

Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli #4: Keinginan untuk Membantu

Faktanya, Orang yang care tanpa ada paksaan akan membantu Sunners jika kalian membutuhkan bantuan. Secara otomatis mereka akan membantu Sunners, karena secara naluri langsung memberikan bantuan. Selain itu, dia akan senang hati membantu Sunners dan ikhlas dalam membantu.

Mengenai keinginan membantu, orang yang kepo justru sama sekali tidak ada keinginan tersebut. Mereka akan berusaha menghindari, jika Sunners meminta bantuan kepada diri mereka. Tentunya, mereka mencari-cari alasan yang tepat agar menolak bantuan dari kalian.

Dengan Tahu Bedanya Orang Kepo dengan Orang Peduli, Kamu Bisa Bercerita Dengan Orang Yang Tepat!

Dengan Tahu Bedanya Orang Kepo dan Orang Peduli, Kamu Bisa Bercerita Dengan Orang Yang Tepat! pict by canva.com

Jadi, kesimpulannya, bedanya orang kepo dan orang peduli itu gede banget, guys! Orang kepo tuh suka nyelonong ke urusan orang lain tanpa peduli beneran. Mereka cuma pengen tahu buat nyari gosip atau buat puasin rasa kepo-nya aja. Tapi orang peduli itu beda, mereka beneran peduli sama orang lain. Mereka punya empati dan kasih sayang yang tulus buat orang lain. 

Sebagai remaja, kita juga harus berusaha jadi orang peduli, ya! Karena peduli sama orang lain dan nunjukin perhatian yang tulus bisa bikin dunia jadi lebih baik. Jadi yuk pilih jadi orang yang peduli dan suportif, bukan cuma kepo doang dan ngomongin orang. Ingat, dunia ini butuh lebih banyak kebaikan dan kepedulian, dan itu dimulai dari kita.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 515
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?