WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Be The Light: “More Learn, Less Boundaries”

Hai Sunners,  pada tanggal 26 April 2021 lalu, UKM LKMM mempersembahkan acara Be the Light dengan tema “More Learn, Less Boundaries” yang bertujuan mengedukasi dan mengembangkan growth mindset siswa-siswi pengurus OSIS SMA melalui materi dan aplikasi interaktif yang pastinya menarik banget untuk diikuti!

Acara diawali dengan pre-test yang bersifat wajib untuk seluruh peserta, dipandu dengan pembicara yaitu, Immanuel Yosua, S.Psi., M.Sc., M.Psi., Psikolog dengan tema Fixed and Growth Mindset. Pembicara membuka acara dengan menampilkan sebuah cuplikan video untuk membangkitkan motivasi peserta, sebelum lanjut ke materinya:

Apa itu Mindset?

-> mindset adalah pandangan yang dipersepsikan individu mengenai kehidupannya (Heffron & Boniwell, 2001)

-> sekumpulan kepercayaan dan cara berpikir yang dapat menentukan pandangan, perilaku, dan sikap seseorang (Gunawan, 2008)

Mengapa kita harus belajar mindset?

Agar bisa menentukan bagaimana individu akan menyikapi situasi dalam kehidupan.

Fixed Mindset

– individu dengan Fixed Mindset memiliki pandangan bahwa segala hal (kemampuan, kecerdasan, dan talenta)

Growth Mindset

– individu dengan growth mindset memiliki pandangan bahwa segala kemampuan yang dimiliki bisa berkembang lewat dedikasi dan kerja keras-otak dan talent hanya merupakan “starting point

Bagaimana cara membangun growth mindset?

  1. menjadi diri kita sendiri,
  2. pandanglah kegagalan sebagai kesempatan bertumbuh,
  3. jangan pernah berhenti berusaha dan bekerja keras sampai kamu berhasil mencapainya, selalu mencoba,
  4. jangan pernah berhenti untuk belajar,
  5. terarahlah pada tantangan baru,
  6. bukalah diri terhadap masukkan (feedback) orang lain, dan
  7. katakan belum daripada tidak.

———————–

Acara hari kedua pada Sabtu, 27 Maret 2021 yaitu, diskusi kelompok, yang dipecah menjadi beberapa ruang obrolan Zoom. Nah, masing-masing kelompok ini  mempersiapkan presentasi sesuai 7 poin growth mindset dengan kasus yang tersedia selama 30 menit.

Setelah waktu yang diskusi brakhir, ditampilkan hasil diskusi dalam bentuk presentasi, lalu kembali ke ruang Zoom awal untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tadi.

Para peserta terlihat sangat senang karena dalam acara ini mendapatkan ilmu tentang growth mindset dan bisa melatih kekompakan dalam kelompok.

Selanjutnya, peserta bermain games yang berjudul wisdom word yaitu, membuat kreativitas karya dengan membuat poster,mind mapping, dll. Peserta wajib membuatnya bersama dan tidak boleh mengambil dari internet. Hasil dari poster yang sudah dibuat diunggah di Instagram masing-masing anggota kelompok. Sebelum dimulai para peserta pun masuk ke breakout room lagi seperti di awal tadi, untuk berdiskusi karya apa yang akan dibuat selanjutnya.

 

Selamat kepada para panitia Be the Light yang sudah menghadirkan kegiatan yang bermanfaat banget buat pembangunan diri siswa SMA/K!

Leave A Comment