Majalah Sunday

Backburner: Cara Lepas dari Dia
Ketika Kamu Menjadi Pilihan

Penulis: Imani – UNJ

Saat ini, mungkin istilah “backburner” sudah tidak asing lagi di telinga Sunners, apalagi buat yang pada suka banget dengerin lagunya Niki dengan judul serupa. Mudahnya, backburner adalah seseorang yang dijadikan sebagai pilihan dan hanya akan “dilirik” ketika si dia sedang butuhnya saja. Parahnya, si dia ini dengan menyebalkannya juga membuat si backburner-nya ini jatuh ke permainan dia. Waduh.

Lepas dari hubungan ini susah-susah gampang, loh! Satu sisi kita ingin lepas dari hubungan dengan si dia yang tidak jelas kepastiannya. Di sisi lain, kita juga masih berharap mungkin saja si dia suatu saat akan membalas perasaan kita, walau tidak jelas juga kapan pastinya. Adakah di antara Sunners yang pernah atau sedang mengalaminya?

Buat yang masih terjebak di lingkaran backburner ini, sini aku kasih tahu gimana caranya biar bisa lepas dari si dia yang nggak pasti itu!

Tips agar bisa berhenti menjadi backburner

1. Jangan membuang waktumu untuk menunggu chat dia!

backburner
Menghabiskan waktu dengan teman lebih menyenangkan daripada menunggu dia yang tidak pasti, pict by canva.com

Pernah nggak sih kamu tanpa sadar suka nungguin chat dari dia, dan hal itu sudah menjadi rutinitas kamu setiap kamu melihat layar handphone? Mulai hari ini, jangan! Menunggu suatu hal yang pasti itu capek, iya bukan? Jangan jadikan “aku udah nungguin dia lama, nunggu sebentar lagi nggak apa” sebagai alasan.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu, bisa dengan belajar, membaca buku, berkumpul dengan keluarga atau teman, dan lain sebagainya. Pokoknya, jangan sampai pikiran kamu terisi oleh sosok dia yang tidak pernah memberi kamu kepastian itu.

2. Perlahan tapi pasti, mulai jangan kontak dia lagi

backburner
Membaca buku lebih menyenangkan daripada memulai obrolan ke seseorang yang tidak menghargai usaha kamu, pict by canva.com

Kalau kamu sudah berada di fase baik-baik saja meskipun dia nggak pernah chat, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya. Nanti, ada kemungkinan kalau si dia bakal datang ke kamu lagi dengan berbagai alasannya yang sudah mulai basi itu. Lantas, apa yang harus kamu lakukan?

Jangan ditanggapi, itu dia kuncinya. Dia saja sudah dengan tega membiarkan kamu, ghosting kamu sampai entah berapa lama, terus seenak jidat dia datang lagi tanpa berdosa? Hadeh, jangan mau dong! Biarkan dia menikmati hasil dari perbuatannya, yaitu dengan kamu menjauhi dia.

3. Menghapus eksistensinya dari kehidupan kamu

backburner
Berani memblokir kontak dia? Pict by canva.com

Waduh, dari judulnya kelihatan agak lebay nih. Maksudnya, kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yang bisa dibilang paling sulit, yaitu hapus segala memori yang pernah kamu buat dengan dia.

Memori apa sajakah itu? Riwayat chat, foto-foto kamu sama dia kalau ada, screenshoot setiap chat yang dia kirim ke kamu, pokoknya apa saja yang berhubungan dengan dia. Tujuannya simple saja, agar kamu nggak keinget tentang dia barang sedikit pun. Mungkin memang masih ada di dalam pikiran, tapi setidaknya tidak secara nyata yang bisa kamu pandang dan ratapi nasib hubungan kamu dengan dia yang nggak jelas itu. Semangat ya.

Sunners, tentu saja ngomong itu lebih gampang dari praktiknya. Cuma percaya deh, kalau dari kamu sendiri udah ada niat buat move on, ke depannya pasti bakal lebih gampang. Tetap semangat, ya! Jangan mau jadi backburner terus.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 152
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?