Majalah Sunday

Aura Maghrib Menjadi Trend Cyberbullying di Media Sosial?

Penulis: Cantika Cahyaning A – SMAN 4 PROBOLINGGO

Sunners, pernah dengar istilah “Aura Magrib” gak sih? akhir-akhir ini istilah “Aura Maghrib” sedang banyak diperbincangkan netizen di social media dan sering diartikan sebagai seseorang yang memiliki warna kulit lebih gelap. Sebutan ini sempat menjadi perdebatan karena dianggap sebagai body shaming atau rasis. Sayangnya, komentar terkait aura maghrib ini masih terus menjadi bahan ledekan yang ramai muncul di media sosial hingga saat ini.

 Istilah“Aura Maghrib” ini adalah sebuah cyber bullying yang marak di media sosial. Banyak orang yang sering menggunakan kata ini dengan alasan bercanda karena mereka mempunyai tone kulit lebih gelap. Mengapa bisa terjadi? karena bagi mereka, seseorang yang punya tone kulit lebih gelap merupakan orang yang tidak memenuhi standar kecantikan di Indonesia. Sebab mereka tidak mempunyai kulit putih dan bersinar.

Sebenarnya, penggunaan istilah aura maghrib ini tidak spesifik merujuk pada satu orang saja. Istilah bullying tersebut biasa digunakan untuk mengejek influencer, konten kreator, ataupun public figure yang memiliki kulit gelap. Lambat laun, penggunaannya semakin tidak terkontrol, sehingga membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Bahkan, banyak orang yang akhirnya tidak percaya diri dan merasa insecure mendapatkan julukan tersebut. Alhasil, efek negatifnya bisa membuat seseorang mengalami depresi, anxiety, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Lalu Bagaimana Cara Melawan Pembully saat Mendapat Julukan tersebut?

Caranya mudah, dengan mencintai diri sendiri atas keunikan diri kita. Memang, sangat mudah untuk diucapkan, namun pada dasarnya standar kecantikan Indonesia beragam. Tidak harus kulit putih yang cantik, tetapi warna kulit yang lain juga cantik. Sebagai manusia kita harus bersyukur atas anugrah yang Tuhan berikan kepada kita, dengan hal itu kita boleh tidak peduli tentang mereka yang mengatakan bahwa kita memiliki “Aura Maghrib”. Asal kalian tau, waktu Maghrib adalah waktu yang sangat indah, dimana langit berganti warna menjadi oren terkadang pink keunguan, lalu hadirlah malam. Dalam artian, kalian yang memiliki tone gelap sangatlah manis dan indah seperti senja yang dikagumi banyak orang. Daya tarik yang kalian miliki akan menjadi cerita yang unik untuk kehidupan kalian.

Maraknya trend bullying kepada manusia yang punya warna tone kulit lebih gelap.

Aura Magrib” ini adalah sebuah cyber bullying yang marak di media sosial. Banyak orang yang sering menggunakan kata ini dengan alasan bercanda karena mereka mempunyai tone kulit lebih gelap.

Jadi untuk Sunners tidak perlu merasa insecure terhadap warna kulit kalian. Karena kalian cantik sesuai versi kalian masing-masing. Mereka yang menghina kalian adalah orang yang iri dengki dengan kalian. Tidak perlu khawatir cukup percaya diri bahwa kalian cantik didalam dan diluar. Kalian merupakan ciptaan Tuhan yang Indah, tidak ada kata kalian itu buruk rupa, kalian semua adalah Manusia yang sangat indah.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 33
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?