Majalah Sunday

Cowok Harus Tahu: Apa yang Dirasakan Perempuan Ketika Menstruasi?

Penulis: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, kenapa ya perempuan suka badmood kalau lagi mens? Buat kamu cowok-cowok, kadang suka gak paham nih sama naik turunnya mood cewek kalau lagi dapet. Coba simak penjelasan berikut, yuk!

Ketika menstruasi seorang perempuan akan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan beberapa hal terjadi dalam tubuhnya. Salah satu yang dirasakan biasanya adalah kram atau nyeri perut, termasuk juga perubahan mood. Ini beberapa hal yang dirasakan perempuan ketika menstruasi!

1. Perubahan mood dan nafsu makan

Yang Dirasakan Ketika Menstruasi

Pict by freepik.com

Ketika masa pra dan awal menstruasi perempuan akan lebih sensitif dan mudah berubah moodnya. Dilansir dari siloamhospitals.com, hal ini dikarenakan perubahan hormon progesteron dan estrogen yang membuat seseorang menjadi lebih sensitif, mudah sedih, senang, ataupun marah. Begitu juga dengan nafsu makannya, ketika sedang mens terjadi peningkatan nafsu makan. Apalagi kalau lagi down mood-nya, maka yang pengen cewek lakukan adalah makan makanan manis. Bener gak, girls?

2. Nyeri atau kram perut

Yang Dirasakan Ketika Menstruasi

Pict by freepik.com

Buat kaum laki-laki yang mengira sakit menstruasi biasa aja, mending lambaikan tangan deh. Dijamin gak akan kuat. 

Nyeri atau kram perut yang dirasakan perempuan terjadi karena adanya kontraksi dan menyebabkan luruhnya dinding rahim. Meski tidak semua, sebagian besar perempuan mengalami sakit perut ketika menstruasi, bahkan sampai tidak bisa melakukan banyak aktivitas. Rasa nyeri ini biasanya menyebar hingga ke punggung dan paha.

3. Pegal-pegal

Kondisi badan yang mudah lelah dan pegal-pegal juga dialami perempuan ketika masa menstruasi. Menurut hellosehat.com, memasuki periode menstruasi maka kadar hormon estrogen di dalam tubuh mengalami penurunan. Padahal, estrogen berperan dalam membantu mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa sakit.

4. Nyeri pada payudara

Payudara terasa kencang dan nyeri umumnya dirasakan ketika menjelang haid sampai masa awal haid. Nyeri pada payudara terjadi karena meningkatnya hormon prolaktin yang berfungsi untuk menghasilkan ASI jika terjadi kehamilan, dan pertumbuhan payudara.

5. Breakout pada wajah

Perubahan hormon juga mempengaruhi kelenjar di wajah yang menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga munculah jerawat. Hal ini sangat wajar terjadi, maka cewek perlu memperhatikan kebersihan wajahnya ketika haid.

6. Sakit kepala

Gejala lain yang dirasakan perempuan adalah sakit kepala, baik saat menjelang haid dan ketika masa haid. Hal ini terjadi karena karena perubahan hormon estrogen di dalam tubuh mempengaruhi kadar dan fungsi hormon serotonin pada otak. Sakit kepala juga bisa terjadi ketika menstruasi karena pola tidur yang tidak baik.

Beberapa yang disebutkan di atas adalah hal yang umumnya dirasakan perempuan ketika menstruasi. Tentu saja gejala-gejala tersebut wajar, Sunners. Tapi mungkin bisa berbeda bagi setiap orangnya. 

Buat kamu kaum cowok, semoga bisa lebih memahami ya apa yang dirasakan perempuan ketika menstruasi. Sehingga tidak menimbulkan salah paham ketika teman cewek, atau kakak perempuanmu sedang badmood. 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 71
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?