WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Apa Salahnya Sekolah di Jurusan Kecantikan?

Memilih jurusan ketika masuk SMK memang tak bisa ditangani secara sepele. Kamu pun tak bisa dengan asal memilih jurusan yang ingin ditempuh.

Selain dapat berdampak ke masa-masa sekolahmu yang bisa menjadi buruk karena tak sesuai minat, hal itu juga bisa mempengaruhi kehidupanmu setelah lulus sekolah, misalnya saja lapangan pekerjaan yang dijalani atau jurusan kuliah yang ingin diambil. Nah, Sunners, selain akuntansi atau perhotelan, salah satu jurusan yang bisa kamu pertimbangkan lebih lanjut adalah jurusan kecantikan. Berikut beberapa informasi terkait jurusan ini.

  1. Apa sih Jurusan Kecantikan itu?

Woman Holding Two Plastic Water Bottles

Sumber: Artem Beliaikin/Pexels

Sekolah kejuruan akrab dikenal dengan jurusan-jurusannya seperti Akuntansi, Perhotelan, Teknik, dan sebagainya. Tapi, apakah Sunners tahu bahwa ada beberapa sekolah yang memiliki jurusan kecantikan? Mungkin telingamu masih asing dengan jurusan ini, tapi telah banyak sekolahan yang membuka jurusan kecantikan ini, lho. Sebenarnya, apa jurusan kecantikan itu sih? Bagaimana prospek kerja atau kuliahnya? Dan sekolah mana saja yang membuka jurusan ini?

Jurusan kecantikan adalah salah satu jurusan yang akan memberikanmu beragam ilmu mengenai tata rias, misalnya saja rias wajah pengantin tradisional seperti Jawa, Bali, Padang, dan sebagainya. Bahkan tata rias pengatin internasional pun akan kamu dapatkan di jurusan ini. Kamu juga akan diberikan pengetahuan mengenai perawatan wajah, dasar rias, bahkan keahlian kecantikan rambut, dan banyak lainnya. Di jurusan ini, kamu juga akan selalu berhadapan dengan praktikum merias. Jadi, jangan kaget ya Sunners!

  1. Bagaimana prospek kerja lulusan dari Jurusan Kecantikan?

Two Woman

Sumber: Yogendra Singh/Pexels

Nah, mungkin pertimbangan mengenai prospek kerja di masa depan menjadi salah satu alasan terbesar yang membuatmu maju atau mundur memilih jurusan ini. Tapi, Sunners tenang saja, bersekolah di jurusan kecantikan ini juga memiliki prospek pekerjaan yang menarik dan menjanjikan di masa depan. Jadi, tak perlu cemas ketika menjadi lulusan dari jurusan ini. Lalu, apa saja sih pekerjaannya?

Penata Rias. Setelah menamatkan pendidikan di jurusan ini, kamu bisa membuka usaha tata riasmu sendiri, lho. Menjadi penata rias tentu akan mendatangkanmu rejeki tak terkira, apalagi jika musim menikah sudah datang. Makeup Artist / Asisten MUA. Kamu juga bisa memulai karirmu menjadi seorang MUA atau Asisten MUA. Dengan menapaki karir ini, kamu bisa menjadi seperti Bubah Alfian atau Philipe Karunia yang sudah banyak mendandani artis-aktor terkenal.

Beauty Writer. Nah, meskipun jurusanmu kecantikan, kamu juga bisa menjadi seorang penulis. Kamu bisa menerjunkan diri menjadi seorang beauty writer di media-media ternama. Selain tiga tersebut, prospek kerja yang bisa kamu coba di antaranya SPA, Hair Stylist, Nail Art, atau pegawai di hotel, dan sebagainya.

  1. Bagaimana jika ingin melanjutkan kuliah?

Man in Black Shirt Sitting and Writing

Sumber: Min An/Pexels

Selepas lulus dari jurusan kecantikan di SMK, kamu merasa tak ingin buru-buru untuk bekerja? Tenang saja, Sunners. Kamu bisa menjatuhkan pilihan dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di universitas. Beberapa jurusan berikut ini bisa menjadi referensimu untuk ke mana sekiranya kamu ingin berkuliah.

Pendidikan Kecantikan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini. Beberapa universitas di Indonesia telah membuka jurusan pendidikan kecantikan dari jenjang D-3 atau S-1, salah satunya Universitas Negeri Semarang (Unnes). Jurusan Pariwisata. Jika kamu juga suka tentang pariwisata, kamu bisa memilih jurusan ini. Memang tidak terlalu berhubungan dengan jurusanmu di SMK, tetapi jangan salah sangka. Dengan kemampuanmu yang dapat merias diri tentu akan menambah nilai lebih.

Jurusan Broadcasting. Apabila kamu memiliki minat dengan dunia penyiaran, tentu kamu harus mengambil jurusan ini. Kemampuanmu dalam mempercantik diri pun dapat menjadi suatu keuntungan. Selain ketiga di atas, jika memang tak ada yang menarik minatmu, kamu pun masih bisa mengambil jurusan lainnya. Jadi, jangan pantang menyerah ya, Sunners!

  1. Di mana saja sih SMK yang membuka Jurusan Kecantikan?

Man Writing on Table

Setelah membahas prospek kerja, materi yang akan didapatkan, atau jurusan kuliah yang bisa diambil. Kali ini kita akan membahas tentang sekolah kejurusan mana saja yang sekiranya membuka jurusan kecantikan? Nah, berikut beberapa SMK yang membuka jurusan ini.

  • SMKN 7 Tangeran Selatan. Sekolah ini telah membuka programnya berupa Tata Kecantikan Rambut dan Kulit.
  • SMK Perbankan Riau. Kamu bisa mendaftarkan diri di sekolah ini dengan jurusan unggulannya berupa Tata Kecantikan SPA dan Beauty Therapy.
  • SMKN 6 Semarang. Selain perhotelan, sekolah ini juga membuka jurusan berupa Tata Kecantikan yang bisa kamu coba.
  • SMKN 3 Denpasar. Sekolah yang berada di Denpasar ini juga telah membuka jurusan Tata Kecantikan. Nah bagi Sunners yang ada di Bali dan tertarik dengan jurusan ini, jangan lupa daftar ya!
  • SMKN 2 Batam. Sekolah ini juga tak ingin ketinggalan. Dengan membuka jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut ikut bersaing merekrut siswa-siswi berbakat di dunia kecantikan.

Jika kamu tertarik, tak ada salahnya menjajaki jurusan ini. Telah banyak sekolah, universitas, atau lapangan kerja yang akan memfasilitasimu untuk memperkaya dan mengembangkan ilmumu. Keenam SMK di atas sedikit contohnya. Jadi, Sunners, kalau kamu tertarik dengan dunia makeup dan tertantang untuk bisa menjadi MUA profesional, jurusan ini sangat cocok untukmu!

 

Nur Hidayah – Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment