Majalah Sunday

Amblyopia: Apakah Kamu Memilikinya?

Penulis: Agis Manjal – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Hai Sunners! Tau enggak sih apa itu Amblyopia? Nah, pembahasan kali ini cocok buat kalian yang memiliki gangguan pada mata. Yuk ikutin! Siapa tau kalian punya gangguan Amblyopia.

Amblyopia

Apa itu Amblyopia?, pict by canva.com

Mengenal Amblyopia

Amblyopia atau bahasa lokalnya mata malasĀ adalah gangguan penglihatan sebelah mata karena otak dan mata tidak terhubung dengan baik sehingga mengakibatkan penglihatan menurun. Adanya mata malas akan menyebabkan kualitas atau fokus penglihatan yang dihasilkan oleh kedua belah mata berbeda. Efeknya, otak hanya akan menerjemahkan penglihatan dari mata yang baik dan mengabaikan penglihatan dari mata yang mengalami gangguan (mata malas). Jika tidak ditangani dengan baik, mata yang malas dapat mengalami kebutaan. Oiya mata malas biasanya terjadi dari kita masih anak-anak ya Sunners, nah kalau kalian punya adik atau saudara yang memiliki gangguan yang sama sebaiknya segera ditangani sebelum nantinya semakin parah.

Mata malas terjadi ketika koneksi saraf dari salah satu mata ke otak tidak terbentuk secara sempurna pada masa kanak-kanak. Mata dengan kemampuan penglihatan yang buruk akan mengirimkan sinyal visual yang kabur atau keliru ke otak. Lama-kelamaan, kinerja kedua mata menjadi tidak sinkron dan otak akan mengabaikan sinyal dari mata yang buruk tersebut.

Penyebab Amblyopia

Penyebab Amblyopia atau mata malas paling sering terjadi adalah juling atau strabismus. Strabismus membuat mata kanan dan kiri tidak sejajar, sehingga gambar yang dikirim ke otak tidak sama, bahkan bertentangan.

Kondisi ini dapat mengakibatkan kebutaan karena otak selalu mengabaikan rangsangan atau sinyal yang diterima dari bagian mata tersebut. Saat otak tidak mendapatkan rangsangan, maka lama kelamaan saraf pada mata malas akan rusak dan akhirnya menyebabkan kebutaan permanen.

Amblyopia

Amblyopia bisa menyebabkan mata jadi buta permanen, pict by canva.com

Meskipun bukan penyakit yang umum dikenal, Amblyopia ini bisa merusak penglihatan seseorang secara permanen loh kalo enggak ditangani dengan cepat. Makanya penting banget buat kita untuk menyadari gejala-gejala gangguan Amblyopia, supaya kita bisa segera mendapatkan perawatan yang diperlukan. Dengan perawatan yang tepat, Amblyopia bisa dikendalikan, dan kita jadi bisa menikmati penglihatan yang lebih baik dan hidup yang lebih sehat.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 505
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?