WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Adakah Jurusan Bahasa Jepang di SMA?

Saat memutuskan untuk memilih konsentrasi di SMA, kita akan dihadapkan dengan 3 pilihan, IPS,SMA, dan Bahasa atau IBB (Ilmu Bahasa dan Budaya). Berbeda dengan SMK yang akan lebih banyak pilihannya dan lebih spesifik, di SMA kita diberikan opsi yang sifatnya umum.

‘Min mau tanya, kalo SMK jurusan bahasa itu ada bahasa apa aja sih. Kalo bahasa Jepang ada gk ya min.’

Mungkin yang dimaksud bukan SMK, melainkan SMA. Jika memang demikian, maka, mari kita lanjut dari sini.

Jurusan bahasa di SMA ini sendiri tidak begitu umum, dibandingkan dengan dua jurusan lainnya, tidak semua sekolah memiliki jurusan tersebut. Jika ingin melanjutkan ke universitas dari jurusan ini pun, pilihan yang dapat dipertimbangkan juga lebih sedikit dibandingkan dengan yang lainnya. Yang berhubungan dekat dengan jurusan ini seperti sastra dan bahasa.

Melihat mata pelajaran yang ada di jurusan tersebut, kita juga bisa menyimpulkan bahwa, apa yang kalian pelajari di jurusan ini tidak akan jauh berbeda dengan dua jurusan lainnya. Mata pelajaran umum pasti kamu akan temukan, dan beberapa mata pelajaran yang khusus ditemukan di jurusan bahasa saja, seperti antropologi dan sastra asing. Perlakuan itu tentu juga ada di IPA dan IPS, yang dibeberapa waktu lalu juga disebut MIPA dan IIS. IPA mendapatkan pelajaran seperti fisika, biologi, dan lain, lalu IPS mendapatkan mata pelajaran seperti geografi, sosiologi, dan ekonomi.

Dan di sekolah biasanya akan memberikan mata pelajaran lain, selain yang memang harus mereka pelajari. Beberapa sekolah akan membuat murid IPS mempelajari mata pelajaran IPA, dan juga sebaliknya. Serta beberapa sekolah juga memiliki pelajaran bahasa asing selain Bahasa Inggris, dan tentunya tidak menutup kemungkinan bagi suatu sekolah memiliki pelajaran Bahasa Jepang, dan dalam kasus itu juga, bisa jadi suatu sekolah mengadakan lebih dari dua mata pelajaran bahasa asing.

Di luar itu, tentunya di tiap sekolah ada ekstrakurikuler. Beberapa sekolah memiliki ekstrakulikuler bahasa, dan itu juga bisa menjadi kesempatan kamu belajar bahasa asing.

Maka dari itu, jika kamu memang ingin belajar bahasa Jepang di SMA pilihan kamu. Sebelum itu, bisa kamu lakukan survei dan tanya-tanya mengenai sekolah tersebut, apakah memiliki hal yang kamu cari di sana.

Penulis : Priyo Utomo – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment