Majalah Sunday

Abusive Relationship: Bisa Menimpa Cewek & Cowok

Penulis: Fildzah Putri Amalia – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Laras Dwiaryanti – SMKN 40 Jakarta

Sunners, sekarang Sedang maraknya Abusive Relationship, biasanya korban tidak hanya cewe loh! Cowok juga ada yang menjadi korban Abusive Relationship. Perilaku abusive dalam hubungan asmara bisa dipicu oleh berbagai faktor. Dimulai dari masa kecil yang tidak bahagia, merasa rendah diri, atau selalu mengalami kegagalan hubungan asmara. Biasanya awal mula Abusive berawal dari ancaman atau kekerasan secara verbal dan emosional lalu seiring berjalannya waktu  kekerasan berubah menjadi kekerasan secara fisik dan menimbulkan bahaya. By the wayAbusive Relationship itu perilaku kekerasan dalam suatu hubungan yang dilakukan untuk membentuk kuasa dan kendali terhadap pasangannya. 

Hubungan yang Abusive bisa terjadi secara emosional, finansial, seksual, dan fisik.

1.Secara emosional biasanya terjadi saat pasangan mulai mengancam , menghina, mengontrol dan mengintimidasi apalagi overprotective.

2.Secara finansial biasanya terjadi saat pasangan mulai mengatur tentang keuangan, biasanya yang terjadi adalah memaksa untuk tahu tentang bank account pasangan/ morotin pasangan.

3.Secara seksual biasanya terjadi saat pasangan memaksa untuk melakukan hubungan seksual dan menerima kepuasan sendiri.

4.Secara Fisik biasanya terjadi saat pasangan kekerasan yang menyerang psikologis juga bisa sama merusaknya dengan pukulan, jambakan, tendangan atau tamparan.

 

pentingnya kesadaran terhadap bahaya dari Abusive Relationship yang sering kali tidak terlihat dan sering kali diabaikan dapat berpengaruh kepada kesehatan mental seseorang. langkah awal untuk terlepas dari Abusive Relationship adalah menyadari bahwa hubungan kamu penuh dengan kekerasan. Jika sudah menyadarinya, beritahu pasangan bahwa perilakunya tidak dapat diterima, jangan ragu untuk menceritakan dan meminta bantuan pada orang yang kamu percaya. Biarkan orang yang kamu percaya ini mendukung dan membantu kamu mengakhiri hubungan dengan tetap aman. jangan mendiamkan masalah ini, apalagi memakluminya. Abusive ini tidak sehat di dalam sebuah hubungan. Jika tidak diatasi, kesehatan mental kamu sendiri yang bisa terganggu.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 709
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?