Majalah Sunday

Kenali Kondom Wanita Sebagai Alat Kontrasepsi

Penulis: Endah Romadhon – UNJ

Sunners! Tahukah kalian bahwa kondom bukan hanya dimiliki pria saja, melainkan wanita juga? Wanita memiliki kondomnya sendiri yang biasanya disebut dengan kondom internal. Melansir dari Alodokter, kondom wanita adalah salah satu alat kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan dengan cara menghalangi sperma agar tidak memasuki rahim dan memberikan perlindungan agar terhindar dari berbagai infeksi menular seksual.

Apa Perbedaan dari Kondom Wanita dan Kondom Pria

Kondom wanita disebut juga sebagai kondom internal

Kondom internal sebagai alat kontrasepsi (Sumber: canva.com)

Kedua jenis kondom pada dasarnya memiliki persamaan dalam fungsinya, yaitu sebagai alat kontrasepsi mencegah kehamilan, tetapi dari kedua kondom tersebut memiliki perbedaan, seperti: 

Berdasarkan Letak Pemakaian dan Penggunaannya

Letak pemakaian kondom pria pada bagian penis dan kondom digunakan pada saat penis mengalami ereksi sempurna. Untuk letak pemakaian kondom wanita dimasukkan ke dalam vagina sehingga dapat disebut dengan kondom internal dan penggunaannya dapat dilakukan pada maksimal 8 jam sebelum berhubungan intim.

Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Perbedaan dari bahan dasar dalam pembuatan kondomnya, untuk kondom pria menggunakan bahan lateks atau polyisoprene, sedangkan kondom internal pada awalnya memang dibuat dengan bahan lateks juga, tetapi produksi tersebut sudah lama dihentikan dan sekarang menggunakan bahan karet sintetis atau nitrile. 

Berdasarkan Bentuknya

Kondom pria memiliki bentuk seperti kantong atau sarung dengan satu cincin, sedangkan kondom internal berbentuk tabung silinder dengan dua cincin fleksibel, yaitu satu cincin tertutup untuk bagian dalam vagina dan satu cicin terbuka untuk bagian luar vagina.

Keunggulan dan Kekurangan Kondom Wanita

Sunners, kondom wanita terdapat beberapa keunggulan dan kekurangannya di antaranya, yaitu:

Keunggulan

  • Lebih efektif dalam mencegah kehamilan, menurut National Health Service (NHS) keefektifan dapat mencapai 95% jika kondom terpasang dengan benar dan jika kondom tidak terpasang dengan baik keefektifan menurun ke 82% sampai 75% saja.
  • Efektif dalam mencegah penyakit menular.
  • Lebih jarang menimbulkan dampak alergi.
  • Jarang menimbulkan efek samping, seperti penggunaan kondom tidak mempengaruhi hormon perempuan.

Kekurangan

  • Harganya lebih mahal dibandingkan dengan kondom pria, yaitu dilansir dari Skata.info harga kondom pria ada pada kisaran Rp30.000 – Rp40.000 untuk isi 12 kondom, sedangkan untuk kondom wanita terdapat pada kisaran harga Rp30.000 – Rp60.000 untuk satu kondom saja.
  • Penggunaan dianggap lebih sulit karena kondom harus dimasukkan ke dalam vagina.
  • Kemungkinan kondom sobek lebih besar jika pemasangan tidak sesuai prosedur yang ada. 

*****

Alat kontrasepsi kondom bukan hanya dimiliki oleh laki-laki saja, melainkan perempuan juga memiliki kondomnya sendiri. Kondom wanita memang masih jarang digunakan dan diketahui di Indonesia maupun di negara-negara lain. Jadi, Sunners mari kita cari tahu lagi mengenai alat-alat kontrasepsi yang ada sebagai bentuk kesadaran akan hak kesehatan reproduksi dan tanggung jawab seksual.

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 6
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?