Majalah Sunday

7 Tips Manajemen Waktu dan Cara Ampuh Hindari Prokrastinasi

Penulis: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Liburan udah lewat dan sekarang saatnya kita untuk produktif lagi nih. Tapi Mimin penasaran, time management kalian tuh kayak gimana sih? Apakah sudah cukup efektif untuk kegiatan kalian? Kalau belum, coba deh ikuti tips time management berikut ini. Dengan tips-tips ini, kamu bisa meningkatkan produktivitas dalam belajar dan mencapai prestasi terbaikmu.

Tips Manajemen Waktu yang Efektif

1. Buat Rencana Harian dan Mingguan

Untuk dapat memanajemen waktu dengan baik, kamu dapat memulainya dengan membuat rencana harian dan mingguan. Setelah merencanakan kegiatanmu, kamu dapat menentukan prioritas dari kegiatanmu. Kegiatan atau tugas yang paling kamu prioritaskan adalah kegiatan yang paling penting, sehingga kamu dapat menyelesaikannya terlebih dahulu.

Manajemen Waktu

Membuat daily atau weekly plan membantu mengelola waktu dengan lebih baik, pict by canva.com

2. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan aplikasi di handphone-mu dan teknologi seperti AI untuk membantumu mengatur jadwal, mengingatkan deadline, maupun mengelola tugas-tugasmu dengan efisien. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Google Keep atau Notion.

3. Membagi Tugas Menjadi Bagian-Bagian Kecil

Ketika memiliki tugas yang cukup besar atau sulit dikerjakan, kita mungkin akan malas mengerjakannya karena sudah terbayang akan kesulitan yang dihadapi saat mengerjakan tugas tersebut. Dengan membagi tugas menjadi bagian-bagian kecil, itu akan membuatmu lebih mudah untuk mengelola dan mengerjakannya. Fokuslah dalam mengerjakan tugas-tugas kecil tersebut dalam satu waktu, dengan begitu kamu tidak akan kebingungan ataupun kelelahan.

4. Temukan Waktu Produktifmu

Setiap orang memiliki waktu produktifnya masing-masing, yaitu waktu di mana kamu dapat berkonsentrasi dengan maksimal. Ada orang yang merasa lebih fokus dan berkonsentrasi pada malam hari, tetapi banyak pula yang merasa lebih produktif pada siang hari. Kamu dapat menemukan kapan waktu produktifmu dan dapat menggunakan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas.

5. Jangan Lupa Istirahat

Istirahat adalah hal yang penting dalam keseharian kita. Kamu dapat menggunakan teknik Pomodoro ataupun membuat jeda teratur ketika belajar dan mengerjakan tugas. Istirahat sebentar dapat membantu produktivitas dan mencegah kelelahan, Sunners.

Manajemen Waktu

Istirahat dapat membantu produktivitasmu, pict by canva.com

6. Membuat Evaluasi dan Menyesuaikan Rencana

Setelah membuat rencana kegiatan harian atau mingguan, kamu dapat melihat hasilnya dan menilai apakah rencana yang kamu susun itu telah berhasil kamu lakukan dan cocok dengan keseharianmu. Jika terdapat beberapa rencana yang kurang cocok atau tidak dapat kamu kerjakan, kamu dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan juga kemampuanmu.

7. Hindari Prokrastinasi

Prokrastinasi adalah hal yang dapat mengganggu manajemen waktu yang sudah kita buat. Menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang kita miliki dapat mengacaukan manajemen waktu yang sudah kita susun dengan baik. Jadi, jangan biarkan prokrastinasi mengganggu kita untuk menjadi pribadi yang produktif. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari prokrastinasi.

Cara Menghindari Prokrastinasi

Menetapkan Deadline untuk Setiap Tugas

Tentukan tenggat waktu yang realistis untuk setiap tugas yang kamu miliki. Jangan lupa tandai di kalender, memasang alarm, ataupun bantuan reminder dari aplikasi seperti Google Keep atau Notion agar kamu tidak melewati deadline yang kamu tetapkan. Menetapkan deadline dapat meningkatkan motivasi untuk segera menyelesaikan tugas, lho, Sunners.

Mulai dari Tugas yang Paling Sulit

Mungkin ini terdengar aneh, karena biasanya, yang dianjurkan untuk dikerjakan terlebih dahulu adalah tugas yang mudah. Namun, dengan memulai mengerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu, akan membuatmu menyelesaikan tugas lainnya dengan lebih mudah. Tugas yang susah aja, sudah kamu selesaikan. Tugas yang gampang, mah, sambil merem juga selesai, gak, sih?

Do Not Disturb Mode: On

Untuk menghindari prokrastinasi, sebisa mungkin hindari semua hal-hal yang dapat mengganggu fokus dan konsentrasimu. Notifikasi handphone yang kamu rasa dapat mengganggumu sebaiknya dimatikan terlebih dahulu. Kamu juga bisa memilih tempat belajar di ruangan yang tenang atau di manapun yang kamu sukai supaya kamu bisa belajar atau mengerjakan tugas dengan nyaman.

Checklist Setiap Tugas yang Sudah Dikerjakan

Buatlah list tugas yang akan kamu kerjakan. Kemudian tandai tugas yang sudah berhasil kamu selesaikan. Dengan begitu kamu akan melihat progres yang telah kamu lakukan dan akan merasa puas ketika semua list tugasnya sudah berhasil kamu beri checklist.

Itu dia, Sunners, tips manajemen waktu yang efektif serta cara untuk menghindari prokrastinasi. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memiliki manajemen waktu yang baik dan efektif agar bisa produktif dan terhindar dari prokrastinasi. Selamat belajar, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 152
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?