Majalah Sunday

7 Tips Resolusi Tahun Baru Anti Gagal

Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Halo, Sunners. Tahun 2020 udah di depan mata, apa kalian udah nyiapin resolusi tahun baru? Kalau iya, gimana kabar resolusi 2019? Udah tercapai atau belum nih? Selamat ya yang udah bisa dapet target goals. Buat yang resolusinya belum tercapai, kalian penasaran nggak sih kenapa bisa gitu? Di saat orang lain bisa mencapai resolusinya, cuma kalian yang nggak bisa. Pasti muncul pikiran-pikiran negatif.

Kenapa dia bisa kok aku nggak ya?

Iri deh sama orang yang resolusi tahu barunya.

Kayaknya aku doang nih yang mageran.

Resolusi yang belum tercapai bisa disebabkan karena beberapa hal—yang terbesar adalah rasa mager. Duh! Nah, gimana sih caranya supaya resolusi tahun baru nggak gagal lagi? Psikolog asal Inggris, Richard Wiseman, punya tipsnya nih. Apa aja ya kira-kira?

1. Jangan kebanyakan resolusi

Resolusi yang kelewat banyak bisa bikin fokus kalian terpecah. Makanya nih ada baiknya kalau cuma punya satu resolusi. Tentunya, resolusi ini harus yang paling penting dan udah dipikirin mateng-mateng ya.

2. Bikin step by step

Apa yang mau kalian lakukan harus dijabarkan ke langkah yang lebih kecil. Misalnya, resolusi membaca empat komik perbulan. Resolusi ini baru bisa dilakuin ketika kalian bikin step by step kayak dimulai dari mencari komik yang disukai, lalu mengurutkan komik mana aja yang mau dibaca, hingga membuat suasana baca yang nyaman.

3. Buat deadline dan checklist

Hayo ngaku siapa yang suka ngerjain tugas H-1 deadline alias begadang sampai nggak tidur? Kalau udah ngomongin resolusi, kalian nggak boleh nerapin H-1 ngerjain ya. Semuanya butuh proses. Oiya, jangan lupa juga untuk centangin hal kecil apa yang udah dilakuin untuk resolusi tadi.

4. Fokus

Fokus terhadap resolusi emang diperluin banget supaya pikiran kita nggak ke mana-mana. Karena, kalau nggak fokus, resolusi bisa terhambat dan lama-lama malah nggak dipikirin lagi. Hm, jangan sampai ya!

5. Cerita ke teman

Ngobrol ke teman tentang apa-apa yang mau kalian capai juga bagus lho. Selain bikin “plong hati”, kalian juga ditantang buat mencapainya. Karena, kalau nggak tercapai, bisa-bisa malu kan? Udah umbar-umbar eh malah nggak tercapai.

6. Self-reward

Ngejar resolusi emang nggak gampang—banyak hal yang bisa bikin kalian nyerah di tengah jalan. Makanya, ketika kalian udah bisa ngelewatin satu langkah, belilah sesuatu buat diri alias self-reward mumpung diskonan melimpah ruah kan?

7. Jangan mager!

Master dari segala master kegagalan adalah mager alias males gerak. Kalau dari awalnya apa-apa udah males dan pengennya nyantai terus, gimana resolusi bisa tercapai nih? Yuk, kaum rebahan mari bergerak.

Nah, Sunners, tips-tips di atas semoga bisa membantu kalian dalam mencapai resolusi tahun 2020 ya. Semangat!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 830
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?