WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

6 Tips Agar Percaya Diri untuk Mulai Berteman Bagi Korban Bullying

Halo, Sunners! Bagaimana kabarmu hari ini?

Kamu pasti pernah mendengar istilah social bullying, kan? Dilansir dari cnnindonesia.com, social bullying atau perundungan sosial adalah penindasan dengan bentuk berbohong, menyebarkan rumor negatif, mempermalukan, bahkan mengucilkan seseorang hingga merusak reputasi atau hubungan seseorang.

Seseorang yang mengalami social bullying akan merasa terkucilkan dan ragu untuk memulai pergaulan dengan orang lain. Bagi korban social bullying, bergaul adalah hal yang sangat berat untuk dilakukan. Namun, sebagai makhluk sosial seorang korban social bullying perlu bangkit dari masa lalunya dan memulai langkah baru sebagai pribadi yang lebih mudah bergaul.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri untuk mulai berteman setelah mengalami bullying? Sunday punya tipsnya, nih!

1. Abaikan mereka yang melakukan bullying

Korban social bullying akan merasa khawatir jika berada di lingkungan yang sama dengan seseorang atau sekelompok orang yang melakukan bullying padanya. Abaikan keberadaan mereka yang menindasmu. Jika mereka menghampirimu, segeralah temui guru atau sekelompok orang yang bisa kamu jadikan tempat berlindung.

2. Fokus terhadap dirimu

Sebelum mulai meningkatkan kepercayaan diri setelah mengalami bullying, pertama-tama kamu perlu menyadari keberadaan dirimu. Kamu harus menyadari bahwa kamu terlahir ke dunia ini untuk suatu tujuan yang baik. Lupakan semua kenangan pahit yang tersisa karena perilaku bully yang pernah kamu terima.

3. Menyadari kelebihan diri

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya karena kamu pernah menjadi korban bullying, bukan berarti kamu tidak memiliki kelebihan sama sekali. Coba renungkan hal-hal apa saja yang selama ini mahir kamu lakukan, misalnya menggambar, kemampuan berhitung atau berbahasa yang baik, bahkan hal-hal kecil seperti rajin memberi makan hewan peliharaan. Banyak sekali kelebihan yang kamu miliki, namun tidak disadari karena kamu terbiasa mendengar perkataan negatif dari lingkungan sekitarmu. Percayalah bahwa kamu memiliki banyak hal-hal positif dalam dirimu yang bisa dikembangkan untuk membuatmu menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

4. Glow Up

Untuk memulai langkah baru tentunya perlu glow up, dong? Yap, glow up bisa dimulai dengan langkah yang simple, kok. Kamu bisa mengubah gaya rambut atau gaya berpakaian untuk mengubah suasana. Eits, jangan khawatir! Kamu hanya perlu fokus menata diri tanpa memikirkan apa yang akan dikatakan orang lain tentang perubahan penampilanmu. Selain itu, kamu bisa menggunakan parfum sebelum keluar rumah. Aroma parfum dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan diri terutama saat berada di tempat umum.

5. Mulai bercakap

Setelah mengalami perubahan dalam hal penampilan, kamu pasti merasa lebih percaya diri untuk berhadapan dengan orang lain. Langkah selanjutnya adalah memulai obrolan dengan lingkungan sekitarmu. Jika kamu gugup, kamu bisa berlatih di depan cermin seolah-olah kamu sedang berbincang dengan orang lain. Beranikan dirimu untuk menyapa orang lain, kemudian bukalah obrolan dengan topik yang ringan. Jangan memikirkan apa persepsi orang lain tentang dirimu. Kamu hanya perlu meninggalkan kesan pertama yang baik. Santai saja, Sunners! Kamu tidak perlu berusaha terlalu keras untuk mulai membuka diri terhadap lingkungan sekitar, lakukan saja secara natural.

Ketika kamu sudah mulai terbiasa untuk menyapa dan berbincang, kamu jadi lebih mudah untuk memulai pertemanan. Melalui obrolan-obrolan yang singkat, kamu bisa loh menemukan kawan yang satu frekuensi denganmu. Jadi, jangan ragu untuk mulai berteman ya!

6. Menemukan online friend

Pernah dengar istilah online friend? Pasti pernah, dong! Yap, online friend merupakan kawan yang biasanya ditemukan melalui media sosial. Beberapa di antara Sunners pasti memiliki online friend, kan? Online friend biasanya ditemui karena memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal, misalnya melalui kegiatan event atau seminar.

Eits, jangan salah! Memiliki online friend dapat membantu mengusir perasaan hampa yang biasa dirasakan umumnya oleh remaja. Online friend merupakan sekumpulan orang-orang yang memberikan dukungan untukmu, sehingga kamu merasa lebih dihargai. Kamu bisa mendapatkan online friend melalui media sosial maupun platform lainnya. Tapi, perlu diingat ya jangan sampai kamu salah memilih teman melalui jejaring internet. Kamu tetap harus berhati-hati saat berkenalan dengan orang asing di media sosial. Pastikan dia adalah seseorang yang baik dan suportif untukmu!

Itulah tips meningkatkan percaya diri untuk memulai pertemanan yang bisa kamu terapkan. Meskipun kamu atau orang-orang di sekitarmu pernah mengalami bullying, bukan berarti tidak bisa bangkit kembali. Kunci untuk mulai berteman adalah rasa percaya diri. Karena itu, tetaplah percaya diri dimana pun dan kapan pun kamu berada. You deserve to be happy!

Hanan Afifah – Universitas Negeri Jakarta

 

 

Leave A Comment