WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

6 Tipe Toxic People

Halo Sunners!

Kalian pernah nggak sih ketemu sama orang yang bukannya bikin kalian senang, tapi malah bikin nggak tenang? Apalagi sampai bikin kalian capek banget di dekat mereka? Nah bisa jadi kamu lagi ada di sekeliling toxic people, lho! Apa aja sih tipe toxic people itu?

 

The Energy Drainer

Tujuan dari toxic people memang membuat orang yang tidak disukainya merasa terganggu dan nggak nyaman. Toxic people dengan tipe ini biasanya akan menjatuhkan orang lain tanpa sebuah alasan yang masuk akal. Ada aja hal-hal sederhana yang bisa digunakan untuk menjatuhkan orang lain. Tak hanya itu, toxic people biasanya tidak akan pernah bisa bahagia untuk nasib baik yang diterima oleh orang lain. Bahkan dirinya seringkali mendesak melalui kata-kata atau tindakan, sehingga membuatmu merasa semakin tidak nyaman.

 

The Fake Complimentor

Saat kamu sedang memiliki pencapaian atau keberhasilan tertentu, biasanya toxic people tipe ini merasa tidak senang dan akan memberikan sebuah pujian-pujian palsu. Pujian palsu tersebut seolah menjadi topeng untuknya. Ciri lain dari toxic people tipe ini yakni seringkali nggak memiliki empati dan nggak mau membantu saat melihatmu berada di dalam situasi sulit. Bahkan yang lebih buruk lagi, dirinya akan membuat posisimu seolah-olah tidak nyaman dan ingin melihatmu menyerah.

 

The Pessimist

Si orang pesimis atau perusak diri sendiri seringkali menjadi toxic people untuk sebagian orang karena selalu membutuhkan dukunganmu. Terkesan menganggu memang apalagi jika sudah terlalu sering. Dia seolah-olah nggak bisa menyelesaikan masalah sendiri dan selalu meminta bantuan orang lain. Toxic people tipe ini hanya peduli pada dirinya sendiri, sehingga sering menganggu ketenangan orang lain untuk sekadar meminta bantuan. Bahkan perlahan-lahan, toxic people ini akan menjauhkanmu dari segala impian yang sedang ingin digapai. Ia merasa takut bila impianmu tercapai, maka tidak ada lagi orang yang akan membantunya lagi.

 

The Criticizer

Jika selalu memberikan kritik dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, maka itu artinya “Si Pengkritik” termasuk toxic people yang perlu dihindari. Biasanya orang seperti ini seringkali nggak mendukung kamu setiap kali kamu sedang ingin mengambil keputusan. Caranya saat mengeluarkan kritik seolah-olah membuatmu sangat merasa bersalah dan memicu rasa nggak nyaman. Padahal setiap orang perlu sekali belajar dalam menghargai cara hidup orang lain. Boleh saja memberikan kritik, namun tetap perlu memerhatikan tata caranya.

 

The Manipulator

Tipe yang satu ini sebagai salah satu toxic people yang seolah mampu mengendalikan semuanya sendiri dan sering berpura-pura memberikan dukungan untuk orang lain. Padahal tindakannya itu hanya sebuah manipulasi sekaligus sebuah topeng saja. Beberapa ciri dari “Si Manipulator” yang harus diwaspadai, seperti mereka akan membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan dan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan mereka, mereka juga nggak ragu untuk berbohong dan memberi sejuta alibi kalau-kalau kebohongannya diketahui, mereka juga bisa membuat kamu merasa berhutang budi sehingga bisa mengontrol kamu sesuai keinginan mereka.

 

The Victim

Seseorang yang masuk kriteria toxic people secara umum hidupnya susah bahagia. Di dalam hidupnya ada saja perasaan nggak puas dan sering mengeluh. Bahkan toxic people tipe ini seringkali menyalahkan orang lain atas ketidakberuntungan mereka sendiri. Padahal situasi tersebut termasuk kesalahannya sendiri. Mereka akan mencari perhatian dari orang lain untuk meminta bantuan. Kemudian saat pekerjaannya nggak berhasil, maka orang yang telah membantunya justru akan disalahkan. Orang seperti ini juga akan selalu menyalahkanmu atas sesuatu yang mereka lakukan atau katakan, bahkan mereka akan membuatmu merasa bertanggung jawab atas hidup mereka.

 

Bahaya juga ya Sunners! Semoga kita selalu terhindar dari toxic people ya!

 

Leave A Comment