WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Universitas di Dalam dan Luar Negeri dengan Jurusan Psikologi Terbaik

Min info univ dalam maupun luar negeri yang jurusan psikologinya bagus”

Peran psikolog dalam kehidupan seseorang semakin hari semakin dibutuhkan lantaran masalah – masalah yang seringkali timbul di kehidupan sehari – hari setiap individu. Psikolog menyediakan jasa tes psikologi maupun terapi dan konseling. Selain itu, psikolog juga berpartisipasi dalam pendampingan korban atas berbagai kejadian serta turut berperan untuk mencegah timbulnya gangguan jiwa pada seseorang. Nah! Untuk Sunners yang berminat kuliah jurusan psikologi tapi belum tahu harus pilih universitas yang mana, yuk simak universitas – universitas dengan jurusan psikologi terbaik dari dalam dan luar negeri dibawah ini!

Universitas di Indonesia

  • Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terfavorit di Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma yang didirikan tahun 1996 ini memiliki akreditasi A BAN-PT sehingga dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi teman-teman yang tinggal di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

  • Universitas Padjadjaran

Kampus yang terletak di Bandung ini memiliki Fakultas Psikologi yang resmi didirikan pada 2 September 1961 dengan akreditasi A menurut BAN-PT  Yang membuatnya menjadi salah satu kampus dengan jurusan Psikologi terbaik di Indonesia.

  • Universitas Hasanuddin

Terletak di Makassar, Universitas Hasanuddin memiliki program studi psikologi yang didirikan pada tahun 2012. Meskipun tergolong baru, program psikologi Universitas Hasanuddin mampu membuktikan kredibilitasnya dengan akreditasi A menurut BAN-PT.

  • Universitas Islam Indonesia

Perguruan tinggi swasta ini berlokasi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.  Fakultas Psikologi Universitas ini didirikan pada tahun 1995 dan berhasil meraih akreditasi A berdasarkan BAN-PT. Fakultas Psikologi ini berfokus untuk memecahkan persoalan menggunakan pendekatan ilmiah, melakukan praktik secara profesional serta memiliki sikap yang mencerminkan nilai-nilai profetik dan kebangsaan. Selain itu, perguruan tinggi ini berbasis Islami sehingga menjunjung tinggi nilai-nilai religius Islam dalam kegiatan belajar mengajar  yang dilakukan. 

  • Universitas Diponegoro

Universitas ini memegang peringkat ke-11 universitas terbaik di Indonesia dengan jurusan Psikologi yang memegang akreditasi A BAN-PT. Program studi psikologi Universitas Diponegoro ini berdiri pada tahun 1995 di bawah fakultas kedokteran. 

Universitas Luar Negeri

  • Universitas Stanford

Universitas yang berlokasi di Stanford, California, Amerika ini memiliki jurusan Psikologi yang menempati peringkat pertama dalam 10 besar versi Times Higher Education.

  • Universitas Princeton

Jurusan psikologi universitas ini menempati peringkat kedua menurut Times Higher Education. Bahkan pada tahun 2020, departemen psikologi Princeton University telah menghasilkan 1 pemenang hadiah Nobel, 6 penghargaan Distinguished Contribution dari American Psychological Association dan 3 William James Fellow Awards  dari Association Psychological Science.

  • Universitas California

Departemen psikologi universitas ini memiliki lebih dari 200 mahasiswa, 77 fakultas, 35 peserta pelatihan post-doctoral, lebih dari 40 staf administrasi, dan hampir 90 staf peneliti. 

  • Universitas Chicago

Departemen psikologi universitas ini didirikan pada tahun 1893 sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu departemen yang tertua setelah Harvard. Prodi psikologi di kampus ini merupakan prodi terfavorit yang terdapat empat bidang: kondisi, psikologi perkembangan, ilmu saraf integratif, dan psikologi sosial. 

  • Universitas Harvard

Departemen psikologi Harvard sudah didirikan sekitar tahun 1800-an dan sejauh ini memiliki 30 anggota fakultas dan 80 mahasiswa pasca sarjana dengan 4 program menjadi yang utama yaitu kognitif, otak, dan perilaku: Psikologi perkembangan; psikologi sosial dan ilmu klinis.

 

 

Penulis: Conny Febrina – Institut Bisnis Nusantara 

Leave A Comment