Majalah Sunday

5 Tips Biar Enjoy dan Cepat Jago Saat Mengikuti Pelajaran Sepak Bola

Apakah selama ini kamu merasa tertekan waktu mengikuti pelajaran sepak bola di sekolah? Cek tips mengatasinya di sini!

Pelajaran sepak bola bagi sebagian kita mungkin jadi hal yang menyebalkan dan menegangkan di sekolah. Apalagi waktu praktik, kita merasa banget dilihatin guru dan teman sekelas. Makin berantakan performanya, deh!

Merasa tidak puas dengan hasil permainan kalian? Kalo masih ada yang merasa seperti itu, yuk ditinggalkan karena jika itu terus terjadi, maka permainan sepak bola kalian tidak akan mengalami perkembangan.

Mimin mau ajak kalian untuk mengetahui beberapa cara yang mesti kalian lakukan supaya permainan kalian semakin menarik dan ada hal-hal terkait pelajaran sepak bola yang bisa dinikmati!

 

Ingat bahwa pelajaran sepak bola merupakan permainan tim!

Apakah kalian pernah mendengar kata egois? Nah, dalam permainan bola kaki sering kali terjadi hal demikian. Ego seorang pemain terkadang tidak bisa dikendalikan jika dia merasa bahwa kemampuan dia lebih diunggulkan daripada teman-teman satu team lainnya. 

Buat kalian yang hobi main bola, kalian harus mengingat bahwa permainan bola kaki merupakan permainan team. Jangan pernah bermain untuk kejayaan untuk diri sendiri, tetapi demi kepentingan team. Sebaiknya korbankan keunggulan personal untuk membawa team menuju kemenangan. Saling percaya antar pemain dalam satu tim akan menghasilkan dampak yang baik.

Nggak tegang lagi di pelajaran sepak bola saat sekolah, cukup ikutin tips berikut ini.

Nggak tegang lagi di pelajaran sepak bola saat sekolah, seperti ini caranya,
pict by Patrisius Alfin

Dalam pelajaran sepak bola, kuasai passing dan kontrol yang baik

Ketika seorang pemain bisa mengendalikan bola dengan baik, hal itu menandakan bahwa permainan akan berlangsung dengan maksimal. Dalam sebuah permainan sering terjadi miskomunikasi dalam lapangan jika salah satu pemain dalam satu team tidak bisa memegang bola dan sering dicuri oleh lawan. Tetapi, jika kontrol dan passing dapat dikendalikan oleh seorang pemain, maka teman satu team akan merasa senang dan tentunya ada kepercayaan tersendiri dalam diri mereka ketika kita sedang membawa bola. Dan tentunya, dengan kemampuan tersebut seorang pemain akan merasa puas dan menikmati permainan yang dilakukan.

Jalin komunikasi baik dengan tim saat pelajaran sepak bola

Ya, tentu saja dalam permainan apapun itu, komunikasi adalah salah satu bagian yang sangat dibutuhkan, karena akan membuat suasana permainan akan semakin solid. Komunikasi antar pemain harus terjalin dengan baik, baik sebelum berlatih ataupun bermain, saat bermain, bahkan sesudah bermain. Hal ini menandakan bahwa saling percaya satu dengan yang lain sangat dijaga dan tentunya tujuan dalam permainan akan tercapai. Tidak hanya sekedar menendang bola dan mengeluarkan keringat saja, tetapi solidnya komunikasi team berarti menikmati permainan itu sendiri.

Yuk raih prestasi dalam pelajaran sepak bola di sekolah dengan sejumlah tips berikut

Yuk raih prestasi dalam pelajaran sepak bola di sekolah,
pict by Patrisius Alfin

Menguasai pelajaran sepak bola, artinya berhasil membangun jiwa sportivitas tinggi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sportivitas berarti sikap adil (jujur) terhadap lawan. Arti lain yaitu sikap bersedia untuk mengakui keunggulan lawan (kekuatan, kebenaran) atau kekalahan sendiri (kelemahan, kesalahan). 

Dalam sepak bola sendiri, sportivitas berarti perilaku yang menunjukkan hormat terhadap aturan, official, konvensi sosial dan lawan yang diikuti dengan komitmen dalam permainan dan tidak melakukan partisipasi permainan negatif atau menghalalkan segala cara untuk memperoleh kemenangan. Untuk menjadi seorang pemain profesional tidak cukup dengan menguasai teknik, skill, postur tubuh, nafas yang kuat, tetapi juga harus mampu menerapkan sportivitas yang tinggi terhadap lawan. 

Hal tersebut dilakukan sebagai tanda hormat kepada team lawan dan sikap ini juga dianggap sebagai salah satu cara menghargai hasil permainan yang dilakukan. Tentu saja jiwa sportivitas ini harus diterapkan semua pemain, baik secara individu maupun tim.

Jadi, sudah siap mencetak gol?

Yang tidak kalah penting dalam permainan bola kaki adalah bagaimana caranya mencetak gol ke gawang lawan. Ini adalah salah satu tujuan yang sangat diinginkan oleh setiap pemain, terutama untuk pemain yang posisinya sebagai striker dan wings. Selain mendapat tambahan point dan memperoleh kemenangan ada juga rasa gembira secara tersendiri yang dialami oleh pemain yang berhasil mencetak gol tersebut.

Hal ini bisa mudah kamu raih kok, asalkan kamu sudah berhasil menguasai semua tips di atas. Salam olahraga!
 
sepak bola

Sepatu sepak bola yang nyaman untuk pelajaran sepak bola klik disini 

sepak bola

Dekker untuk melindungi lutut klik disini 

sepak bola

Paket komplit untuk sepak bola klik disini 

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 339
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?