WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

4 Penyebab Sering Merasa Takut Berkenalan dengan Orang Baru

Memulai hubungan, baik terkait pertemanan, pekerjaan atau bahkan asmara bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri untuk berkenalan dengan orang baru. Sering kali muncul perasaan tidak nyaman, gugup, bahkan takut ketika ingin berkenalan dengan orang baru. Sebenarnya, rasa tidak nyaman dan gugup merupakan suatu hal yang wajar. Sebab, kamu juga membutuhkan waktu untuk merasa nyaman dengan orang yang baru dikenal.

Namun, jika perasaan takut untuk berkenalan dengan orang baru sampai mengganggu kehidupan sosialmu, tentu hal ini perlu diwaspadai. Berikut 4 penyebab sering merasa takut berkenalan dengan orang baru. Simak baik-baik, Sunners!

  1. Berkutat dengan Pikiran Negatif

Sebelum berkenalan dengan orang baru, sering kali muncul pikiran-pikiran negatif mengenai pendapat orang lain tentangmu. Seperti contohnya, kamu takut orang lain akan menolakmu, takut dianggap aneh ataupun SKSD (Sok Kenal Sok Deket). Padahal, semua ketakutan itu hanya sekadar asumsi saja dan belum terbukti kebenarannya. Ingat, cuman kamu yang bisa melawan dan mengontrol rasa takut yang ada dalam dirimu sendiri.

  1. Merasa Kurang Pantas atau Rendah Diri

Ketika kamu melihat orang lain yang lebih menarik, baik dari segi penampilan, pekerjaan ataupun kepintaran biasanya akan timbul perasaan minder. Rasa minder ini muncul karena melihat orang lain yang dianggap lebih baik lalu membandingkannya dengan diri sendiri. Akibatnya, kamu akan berpikir bahwa diri kamu tidak pantas untuk sekadar berkenalan dengan orang tersebut.

  1. Tidak Tahu Cara Memulai Percakapan

Untuk berkenalan dengan orang baru pasti dimulai dengan membuka sebuah percakapan. Mungkin terdengar mudah, ya. Namun, bagi kamu yang memiliki tipe kepribadian introvert akan terasa sulit untuk memulainya. Cobalah untuk memulai dengan sekedar menyapa, lalu ajukan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat terbuka dengan topik sederhana.

  1. Adanya Pengalaman yang Tidak Menyenangkan

Rasa takut untuk berkenalan dengan orang baru bisa juga disebabkan oleh adanya pengalaman yang tidak menyenangkan di masa lalu loh, Sunners. Coba ingat-ingat, mungkin saja kamu pernah mengalami penolakan atau peristiwa yang tidak menyenangkan lainnya. Sebab, hal ini tentu dapat menyebabkan trauma sehingga sering muncul rasa takut untuk sekadar berkenalan atau menyapa orang baru.

Itulah 4 penyebab sering merasa takut untuk berkenalan dengan orang baru. Yuk, lawan rasa takut yang ada dalam dirimu. Percaya deh, lebih baik mengetahui bahwa kamu telah mencoba dan gagal daripada bertanya-tanya “bagaimana jika?”.

Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment