Majalah Sunday

5 Manfaat Bermain Bola
yang Harus Kamu Ketahui

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Kali ini Mimin akan berbagi tips tentang manfaat dalam bermain bola. Selain sekedar hobby, suka, banyak teman, seru-seruan ternyata ada manfaat lain loh dan sangat penting buat tubuh kita. Pada kepo manfaat bermain bola, yuk ikuti ulasan Mimin berikut yah sampai habis hehehe.

Ngapain sih cowok harus bisa bermain bola? Tentunya gak harus, tapi ada 5 manfaat bermain bola yang kamu harus ketahui

Cek yuk manfaat dari bermain bola, gambar, pict by canva.com

Manfaat Bermain Bola #1: Meningkatkan Kebugaran

Dalam usia remaja, bermain bola mengharuskan kita berlari sana sini untuk mendapatkan bola ditengah lapangan permainan. Tujuannya untuk membakar kalori dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat. Kegiatan ini sangat baik untuk menunjang kesehatan kita jika dilakukan secara rutin karena akan menjadi bugar. Dengan bermain, daya tahan tubuh mereka akan meningkat. Tujuan lain mengapa bermain bola harus dilakukan adalah supaya segala macam jenis penyakit tidak mudah menyerang mereka, misalnya flu dan demam.

Manfaat Bermain Bola #2: Mendukung Kesehatan Jantung

Selama bermain bola, tubuh kita akan terus bergerak yang menyebabkan jantung akan berdetak lebih cepat. Olahraga ini mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengalirkan oksigen ke semua sel tubuh, dan membantu menurunkan risiko gangguan jantung.

Manfaat Bermain Bola #3: Mengurangi Lemak

Olahraga bola kaki merupakan salah satu cabang olahraga besar yang bagus untuk dimainkan minimal sekali dalam satu minggu. Salah satu fungsinya adalah dapat membakar lemak dengan menyerap serat otot secara lambat dan cepat. Dengan bermain bola, kalori yang ada dalam tubuh akan terbakar secara cepat dibandingkan dengan olahraga lainnya karena pemain lebih banyak bergerak, berpindah tempat dan berlari dengan kecepatan maksimal.

Manfaat Bermain Bola #4: Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Dalam permainan bola kaki, fokus dan konsentrasi sangat dibutuhkan karena itu yang akan membantu jalannya pertandingan. Sepanjang pertandingan berlangsung, pikiran harus tertuju pada pertandingan itu saja, tidak boleh memikirkan hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi. Ketika ini berhasil diterapkan dalam setiap pertandingan, maka peluang untuk menguasai pertandingan dan memenangkan pertandingan sangat besar.

Manfaat Bermain Bola #5: Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak yaitu dengan bermain bola. Dalam permainan bola kaki dibutuhkan konsentrasi, fokus, dan disiplin. Mungkin ada yang bertanya kenapa? Karena permainan ini membutuhkan gerak cepat sehingga otak harus bekerja dengan baik untuk memikirkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyelesaikan pertandingan. 

Bahkan ketika tempo permainan tampak melemah dan melambat, pemain harus berpikir,  mencoba memposisikan diri sebagai pemain bertahan, penyerang, ataupun sebagai penyuplai bola. Tentunya yang menjadi target utama adalah mencetak gol ke dalam gawang lawan.

Cari tahu 5 manfaat bermain bola yang kamu harus ketahui

Teks terkait gambar, pict by canva.com
(Klik gambar di atas, masukkan keyphrase pada alt text)

Jadi, gimana? Mimin rasa dari kelima manfaat diatas sudah kalian terapkan kan? Cuman belum sadar saja bahwa selama ini kalian sedang menjaga kesehatan juga. Buat kalian yang merasa main bola tidak terlalu penting berarti kalian sedang membiarkan tubuh kalian tidak sehat. Untuk itu, rajinlah olahraga, minimal 2 kali seminggu.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 148
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?