WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Langkah untuk Memulai Journaling

Hai Sunners! Siapa di sini yang suka journaling alias mengisi jurnal dengan rutin? 

Journaling sendiri saat ini sudah mulai menjadi tren di kalangan remaja, di mana para remaja bisa bebas menyalurkan kreativitasnya melalui kegiatan journalingDi jurnal kamu bisa menuliskan banyak hal, di antaranya jadwal harian, hal-hal yang patut disyukuri tiap harinya, masalah-masalah yang sedang kamu hadapi, tujuan yang harus dicapai tiap harinya, dan masih banyak lagi. 

Ini dia beberapa langkah awal untuk kamu yang ingin memulai journaling.

  • Siapkan notebook

Umumnya notebook yang digunakan untuk journaling adalah notebook dengan pola kotak-kotak, garis, atau titik. Nah, kamu bisa cari melalui e-commerce dan pilih yang paling sesuai dengan kamu, ya!

  • Siapkan alat pendukung lainnya

Jangan sampai jurnalmu terlihat kosong atau sepi, ya! Kamu bisa menulis dan menggambar sesuai kreativitasmu, kamu bisa menggunakan teknik hand lettering dalam menulis jurnal agar jurnalmu terlihat lebih menarik. Selain berisikan tulisan atau coretan gambar, kamu juga bisa menghias jurnalmu dengan beberapa koleksi stiker yang menarik. 

  • Tetapkan tujuanmu menulis jurnal

Sebelum mulai menulis jurnal, kamu harus mengetahui tujuanmu terlebih dahulu dalam menulis jurnal. Kamu bisa menulis jurnal untuk mencatat jadwal harian, hal-hal yang patut disyukuri, masalah-masalah yang sedang dihadapi, tujuan yang harus dicapai, dan masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa kamu jadikan bahan untuk menulis jurnalmu.

  • Sediakan waktu khusus untuk menulis jurnal

Untuk dapat konsisten dalam menulis jurnal harian, kamu harus punya waktu khusus untuk menulis jurnal. Sediakan waktu kurang lebih 30 menit-1 jam khusus untuk kamu menyalurkan kreativitasmu dalam mengisi jurnalmu, ya.

  • Mulai tulis jurnalmu

Setelah melengkapi itu semua kamu sudah bisa mulai untuk membuat jurnalmu sendiri. Kamu juga bisa memanfaatkan platform pinterest, youtube, google, dan yang lainnya untuk mencari ide dalam membuat jurnal.

Nah, itu dia beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memulai journaling. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan journaling juga dapat mengasah kreativitas dan kemampuan menulis kamu, lho! Gimana? Sudah tertarik untuk mencobanya belum? 

 

Andi Bulan Maghfira – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment