WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Langkah Sederhana Yang Membuat Rambutmu Sehat Maksimal

Sunners, Memiliki rambut yang sehat adalah salah satu impian bagi setiap orang, apa lagi rambut menjadi mahkota bagi wanita.

Tak jarang, banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk membuat rambut agar tetap sehat. Namun, jika tidak dirawat dengan tepat, rambut justru akan rawan menghadapi berbagai masalah. Beberapa di antaranya seperti kerontokan, mudah kusut, hingga bercabang dan mudah patah. Menjaga rambut panjang tetap indah sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Grey Hair Blower Near Pink Hair Combs and Scrunchies

Ada beragam cara merawat rambut agar sehat dan berkilau. Beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan tanpa harus ke salon, adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang sesuai, menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut, serta menutrisi rambut dari dalam melalui asupan makanan sehat.

Berikut cara merawat rambut agar tetap selalu sehat :

1. Pangkas Ujung Rambut Secara Berkala

Woman Having a Haircut

Merawat rambut panjang agar tetap menawan dan indah salah satunya bisa dilakukan dengan memastikan ujung rambut tidak bercabang. Sebab, rambut bercabang sering menjadi sumber awal terjadinya masalah rambut. Untuk menghindari munculnya cabang, ada baiknya selalu pangkas ujung rambut sekitar 1-2 cm secara berkala. Jika Kamu memiliki rambut yang diwarnai, tips sederhana ini juga perlu dilakukan agar rambut rusak yang sudah tua tidak membuat rambut panjangmu kusam.

2.Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

woman in white knit cap standing near green trees during daytime

Salah satu cara merawat rambut yang sangat sederhana adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang berlebihan, debu, dan polusi akan membuat rambut menjadi rentan rusak. 

Hal ini juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran, membuat kondisi rambut dan kulit kepala menjadi kering, dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi di kulit kepala. Solusinya, kamu bisa melindungi rambut dengan penutup kepala ataupun payung.

Menggunakan topi saat keluar menjadi solusi yang tepat untuk melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama.

3. Pilihlah shampoo 

black and white bottle on black textile

Untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok). Dan juga sampo yang ada kandungan pelembab agar tetap menjaga kelembapan kulit kepala. 

Setelah bersampo, oleskan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah ditata. Diamkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas hingga bersih.

4. Gunakan Masker dan vitamin rambut

person holding black and silver hand tool

Untuk menjaga agar rambut kamu tetap ternutrisi dengan baik, kamu bisa melengkapi perawatan rambut dengan penggunaan masker dan vitamin rambut. Dua produk ini sangat berguna untuk merawat rambut yang telah mengalami kerusakan agar kembali sehat.

5. Mengeringkan Rambut yang Basah dengan Benar

Woman Getting Her Hair Dry

Saat rambut dalam kondisi basah, kamu perlu memperlakukannya dengan hati-hati. Pasalnya, rambut basah lebih rapuh dan mudah patah. Saat basah, batang dan akar rambut akan lebih rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu, jangan terlalu keras saat keramas karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Selain iu, ketika selesai keramas tentunya kamu kamu ingin segera mengeringkan rambut. Gosokan yang keras dengan handuk sering dilakukan pada rambut. Awas, hal ini bisa justru merusak keindahannya. Bahkan hal itu bisa berdampak pada bertambahnya jumlah rambut yang rontok. Jadi, solusinya adalah dengan tepuk-tepuk rambut secara perlahan hingga kering. Jangan menggosok secara kuat dengan handuk.

 

Dari penjelasan di atas semoga kamu bisa mempraktekkannya di rumah ya Sunners, agar rambut kalian masih sehat dan mudah diatur. Happy Trying and Good Luck !!!

penulis : Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment