WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Keuntungan Membaca Bagi Generasi Muda yang Cerdas

Orang-orang bisa sukses, berinovasi, dan memiliki tingkat kreativitas tinggi karena sarapan dengan membaca.

 

Dalam membaca seseorang mempunyai teknik yang berbeda-beda, ada yang sambil ngemil, sambil, makan, sambil minum, dan sambil mendengar musik. Dengan membaca kita dapat memahami maksud dan tujuan pembicaraan seseorang terhadap kita, sehingga dapat mengetahui fenomena sekitar kita. Bila ada yang mengatakan membaca itu membosankan atau membuat ngantuk, yuk baca lanjutan artikel ini sampai selesai agar kamu menyadari kebenaran bahwa membaca memiliki banyak keuntungan, sehingga membuat mata, pikiran dan perbuatan menjadi melek. 

Membaca merangsang ketenangan menjadikan kesetiaan

Tea, Cup, Rest, Calm, Afternoon

Untuk kamu yang mau setia sama pasangan cukup baca saja setiap harinya. Coba perhatikan dirimu ketika membaca, di awal mungkin kamu bacanya mondar-mandir, duduk gak tenang, tapi lama-kelamaan kamu akan setia dalam kegelisahan itu, sehingga di akhir kamu menikmati apa yang kamu baca tanpa sadar kamu menjadi orang yang setia walau banyaknya kegelisahan.

Membaca membentukmu menjadi pribadi yang fokus pada satu arah hidup

Lens, Camera, Colorful, Background

Kamu dapat menjadi orang yang teguh dalam pendirian, sehingga keputusan yang kamu ambil siap untuk menanggung resiko dan siap untuk menguasai dunia. Coba melakukan pencarian di internet, rata-rata orang yang punya inovasi dan kreativitas tinggi adalah orang-orang yang sukanya membaca. Kalau sudah fokus, kamu bukan lagi seperti orang yang mudah di obrak-abrik kehidupanya.

Membaca menciptakan pengendalian diri yang kuat

Ketika kamu membaca, biasanya pikiranmu kemana-mana. Sambil baca malah mikirin, nanti mau pergi kemana, mau makan apa, mau buat apa, banyak hal yang dipikirkan. Akan tetapi, jika kamu sadari betul, bahwa sebenarnya kamu berusaha untuk tetap pada bacaan yang akan kamu baca. Kalau baca buku sering diberi pembatas buku setelah membaca, itu adalah cara agar kamu tetap ingat bahwa ada batasan ketika kamu hendak berpikir pada hal yang lain, sehingga pembatas itu mengingatkan kamu kembali. 

Membaca menumbuhkan imajinasi yang menyeluruh

Smartphone, Face, Woman, Girl, Eyes

Dalam hal ini penting memilah-milah apa yang mau kita baca, apakah buku itu baik? Kalau baca pikiran orang, bagaimana cara membacanya agar tidak mencolok? Pastinya harus dengan maksud yang baik. Seringkali orang yang berimajinasi tinggi dianggap sangat menyedihkan karena hidupnya tak melihat realita kehidupan. Kamu mesti setuju karena seseorang yang seperti itu salah dalam mengambil objek bacaan, namun jika objek bacaanya benar, maka imajinasi itulah yang akan menjadi dasar sebuah inovasi dan kreativitas. 

Membaca membentuk cara berpikir yang kritis

Ketika membaca kamu biasanya menemukan ada kata-kata yang sulit di pahami atau pun mudah untuk di mengerti atau menemukan kata yang salah dalam pengetikan. Coba pikirkan, semakin sering kamu membaca, semakin sering juga pertanyaan yang muncul di kepalamu. Jawaban sebenarnya kamu ketahui, tapi kamu pura-pura tidak tahu, itulah berpikir kritis, sehingga menciptakan pemikiran-pemikiran yang baru. 

Bila membaca kita anggap sulit, maka sulitnya menjadi kebenaran yang mutlak. Kalau membaca kita anggap dan melakukanya dengan senang dan berusaha untuk suka membaca, maka sudah pasti kamu akan mengubah dunia hanya dengan membaca.

 

Penulis : Tomi

Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment