WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Agar Lolos SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) menjadi salah satu jalur  pendaftaran perguruan tinggi  yang banyak diminati oleh siswa SMA atau SMK. 

Sistemnya yang tidak menggunakan ujian tulis melainkan dengan kriteria nilai rapor dan prestasi akademis menjadi alasan mengapa SNMPTN merupakan seleksi pendaftaran masuk perguruan tinggi yang diincar oleh banyak siswa. 

Nah sebelum mendaftar, intip dulu yuk 5 hal yang wajib kamu persiapkan agar lolos SNMPTN di kampus impianmu, berikut penjelasannya:

1. Kriteria nilai rapor

Nilai rapor menjadi salah satu kriteria lolos SNMPTN. Hal penting yang harus diperhatikan pada nilai rapor yaitu grafik nilai yang diperoleh mulai dari semester 1 – 5. Tentunya sebagai bahan pertimbangan, kampus akan lebih tertarik dengan calon mahasiswa yang memiliki nilai stabil atau meningkat. Untuk menjaga nilai tersebut kamu harus lebih giat lagi dalam belajar.

Jika perlu, kamu juga dapat mengikuti kursus atau bimbel sebagai salah satu rencana untuk meningkatkan nilai rapor. Jadi usahakan nilai kamu tidak turun agar kamu bisa lolos di perguruan tinggi impianmu.

2. Kumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya

Mengikuti salah satu organisasi atau komunitas di sekolah dapat membantu untuk mengembangkan bakat akademis loh. Kegiatan di organisasi atau komunitas dapat menjadi nilai tambah untuk dokumen prestasi. Biasanya dengan mengikuti organisasi di  sekolah dapat memberikan peluang lebih besar untuk mengetahui informasi mengenai lomba-lomba yang dapat diikuti. Jadi jangan malu untuk meningkatkan kemampuan kamu melalui organisasi atau komunitas di sekolah, karena banyak sekali manfaat yang diperoleh. 

3. Pilih jurusan yang sesuai minat dan bakatmu

Dalam menentukan jurusan banyak sekali calon mahasiswa baru yang merasa kebingungan. Maka dari itu, mulailah mengenal apa minat dan bakatmu dari sekarang sebelum mendaftar SNMPTN, dengan tetap mengikuti jurusan yang dipilih terlebih dahulu di SMA atau SMK. Kembangkan minat dan bakat tersebut sampai menjadi kemampuan yang benar-benar kamu kuasai, pilih jurusan di kampus yang sesuai dengan kemampuan yang sudah kamu kembangkan sebelumnya. 

4. Cari informasi mengenai jurusan pilihanmu

Tidak ada salahnya jika dari sekarang kamu sudah mulai kepo-kepo untuk mencari tahu informasi mengenai jurusan yang sudah kamu pilih, salah satunya yaitu informasi terkait penerimaan calon mahasiswa SNMPTN di seluruh kampus setiap tahunnya. Melalui laman resmi LTMPT kamu dapat mengetahui peminat dan daya tampung SNMPTN jurusan pilihanmu di daftar Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik Negeri. Melalui informasi tersebut rencana persiapan SNMPTN mu akan jauh lebih matang.

5. Komunikasikan bersama orang tua

Komunikasi bersama orang tua terkait kuliah dan jurusan yang kamu pilih menjadi salah satu hal penting, agar nanti kedepannya tidak ada salah paham antara kamu dan orang tuamu.

Beberapa orang tua biasanya sudah membuat rencana masa depan anak sesuai dengan harapannya, tapi tidak sejalan dengan keinginan anak. Maka dari itu sangat penting melakukan diskusi antara anak dan orang tua dalam memilih jurusan dan kampus masa depan. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara meminimalisir kasus salah jurusan bagi mahasiswa. 

       Bagaimana sunners apakah kamu sudah siap membuat rencana persiapan untuk mendaftar SNMPTN di kampus impianmu? 5 hal diatas dapat menjadi rujukan list apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaftar SNMPTN. Apapun hasilnya nanti, jangan berhenti mengejar cita-citamu, karena banyak sekali cara lain untuk menggapai mimpi.

Terus berusaha sunners!

 

Penulis: Dwi Puji Lestari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment