WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Hal Yang Dihindari Dalam Cara Berpakaian Untuk Perempuan Gemuk

Memiliki tubuh yang lebih besar dari ukuran ideal memang tidak mudah dalam berpakaian. Mungkin Sunners juga memiliki masalah serupa. Beberapa orang berpendapat bahwa perempuan gemuk lebih baik tidak terlalu menampakkan bentuk tubuhnya. Lalu apa saja sih yang harus dihindari dalam berpakaian agar terlihat lebih menarik? 

Jawabannya adalah hindari mendengarkan orang yang melarangmu untuk berpakaian seperti yang kamu inginkan. Tidak ada yang perlu dihindari dalam berpakaian, sekalipun tubuhmu gemuk. Kamu bisa memakai apa saja yang ingin kamu pakai, selama pakaian tersebut nyaman dan membuat kamu percaya diri. Penampilan menarik berasal dari percaya dirimu, Sunners!

Meski begitu, di bawah ini ada beberapa hal yang dilarang dan menjadi stigma berpakaian untuk perempuan gemuk yang sudah mengakar di masyarakat. Yuk, kita buktikan kalau perempuan gemuk juga kece pakai apa saja!

1. Crop top

Sumber: instagram.com/anismrsln

Crop top adalah jenis baju atasan dengan potongan yang lebih pendek dan biasanya di atas pusar. Jenis baju ini seringkali dilarang dalam tips-tips berpakaian untuk orang gemuk karena memperlihatkan dengan jelas perut yang besar. Padahal, jenis baju ini cocok dipadukan dengan celana atau rok high waist. Paduan tersebut menjadi outfit yang keren, menutupi perut, dan membuat pemakainya terlihat memiliki kaki yang lebih panjang. 

2. Pakaian longgar

Sumber: instagram.com/waiwdntiyy

Pakaian longgar dianggap membuat bentuk tubuh menjadi lebih besar. Tidak perlu takut untuk memakai pakaian longgar, Sunners! Tidak bisa dipungkiri bahwa jenis pakaian ini membuat kita nyaman. Dalam berpakaian, kenyamanan adalah hal penting. Ya, kan, Sunners?

3. Warna cerah atau pastel

Sumber: instagram.com/clarissaputri_

Kebanyakan artikel fashion menyarankan perempuan gemuk untuk memakai pakaian dengan warna gelap untuk memberi efek langsing dan menghindari warna cerah karena memperlihatkan bentuk tubuh yang gemuk secara jelas. Namun, kamu tidak perlu menghindarinya, Sunners! Warna cerah membuat persona kita menjadi ceria dan memancarkan positive vibes. Selain itu, saat musim panas juga lebih baik menggunakan warna cerah agar tidak menyerap panas.

4. Motif garis horizontal

Sumber: instagram.com/tiraemon

Motif garis horizontal dianggap memberi kesan pada tubuh menjadi lebih lebar. Kamu tidak perlu menghindari jenis motif ini, Sunners! Kenyataannya, garis horizontal ini tidak membuat tubuh kita terlihat lebar secara signifikan. Motif ini bisa menjadi statement piece jika dipadukan dengan luaran dan bawahan dengan warna senada.  

5. Pakaian ketat (bodycon)

Bodycon merupakan jenis pakaian yang ketat dan membentuk tubuh. Maka dari itu, jenis baju ini memperlihatkan tubuh gemuk si pemakai. Tidak perlu dihindari, Sunners! Bukan hanya si langsing yang bisa memakai jenis pakaian ini. Dengan tubuh yang berisi, bodycon ini terlihat sangat seksi. Pamerkan bentuk dan lekuk tubuhmu, karena semua bentuk tubuh cantik. 

Beberapa hal yang disebutkan di atas menjadi beberapa contoh “aturan” dalam berpakaian untuk perempuan gemuk, dan sayangnya masih banyak lagi yang “harus” dihindari dalam berpakaian. Namun hal tersebut tidak perlu kamu hindari, Sunners.

Pakai pakaian yang ingin kamu pakai, bukan yang ingin mereka lihat. Menjadi gemuk bukanlah hal yang buruk dan bukan sebuah kejahatan. Kenyamanan dan percaya dirimu menjadi hal yang penting dalam berpakaian. Love yourself and your body!

 

Penulis: Erika Septiyanti – Universitas Negeri Jakarta 

Leave A Comment