WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Bersekolah di Luar Negeri

“Aduh, rasanya kok begini sih, beda banget sama di Indonesia.”

Setelah diterima di kampus ternama di luar negeri, mungkin kamu akan menghadapi perasaan kebingungan mendapati berbagai hal berbeda. Perasaan asing, sendirian, dan tak terlibat hingga depresi mungkin pernah kamu rasakan. Keadaan tersebut dinamakan gegar budaya atau shock culture, suatu kondisi ketika kamu dilanda kebingungan atau disorientasi saat memasuki lingkungan baru dengan budaya yang tentu saja berbeda dengan lingkungan tempat tinggal kamu sebelumnya. Lalu, apa saja gegar budaya yang mungkin akan kamu alami tersebut?

  1. Bahasa

From above of white sheets of paper with curled edges and black written words placed on white background in light room

Sumber: Skylar Kang/Pexels

Gegar budaya yang satu ini sudah pasti akan dirasakan. Apalagi untuk kamu yang merupakan pelajar internasional. Meskipun kamu mungkin sudah menguasai bahasa yang digunakan di negara tujuan kamu belajar tersebut, hal itu tak menandakan bahwa kamu akan terbebas dari gegar budaya terkait bahasa ini. Apalagi bahasa tersebut adalah bahasa kedua kamu, tentu saja kadang kala kamu akan dilanda kebingungan ketika tak mengerti dan memahami maksud percakapan yang berlangsung. Untuk menghadapinya yang hanya bisa kamu lakukan hanyalah beradaptasi.

  1. Makanan

Selective Focus Photography of Pasta With Tomato and Basil

Sumber: Lisa/Pexels

Bagi lidah Indonesia yang sudah akrab dengan makanan berasa tajam dengan banyak rempah-rempah, mungkin lidah kamu akan terasa kaget saat mencicipi makanan di negara tujuan belajar kamu yang mungkin saja berasa lebih ringan. Lantas, karena tak sesuai selera, akhirnya kamu hanya bisa memakan roti dan selai. Tanpa memperhatikan gizi lainnya. Telah akrab dengan rasa pedas yang tajam membuat lidah dan perutmu akan menolak keasingan itu. Namun, hanya memakan selembar roti tentunya tak baik untuk kesehatanmu. Kalau kamu membiasakan dengan perlahan mencoba masakan negara tersebut, kamu akan terbiasa dengannya. Apalagi ditunjang dengan bandrol harga untuk masakan Indonesia di luar negeri terbilang cukup mahal, tentu yang hanya bisa kamu lakukan adalah membiasakan diri.

  1. Musim

Concrete Road Between Trees

Sumber: Craig Adderley/Pexels

Nah, yang satu ini juga sudah pasti akan kamu rasakan. Apalagi jika kamu berkuliah di negara yang memiliki empat musim. Ketika kamu sudah terbiasa hidup di negara dengan musim hujan dan kemarau ini, mungkin tubuhmu akan terasa berbeda ketika memulai hidup dan bersekolah di negara berempat musim tersebut. Deman atau flu menjadi contoh keadaan ketika keberbedaan ini mengungkung dirimu. Yang bisa kamu lakukan hanya satu yaitu beradaptasi dengan keempat musim tersebut, dan jangan lupa untuk menyiapkan pakaian yang cocok di setiap musimnya ya Sunners!

  1. Gaya Hidup

Flat lay of glass of fresh beverage with slices of lemon and leaves of mint placed on white background

Sumber: Karolina Grabowska/Pexels

Telah terbiasa dengan gaya hidup ketimuran yang mengedepankan sopan santun di muka publik dan agama, mungkin kamu akan dibuat kaget ketika mendapati gaya hidup yang berbeda 180 derajat di negara tujuan kamu belajar. Meminum alkohol, berpakaian dan berciuman di muka publik menjadi salah tiga contohnya. Hal itu tak lantas membuat kamu akhirnya nekat menegur mereka. Kamu harus selalu ingat bahwa budaya tempatmu berasal dan menetap sekarang berbeda. Yang bisa kamu lakukan ialah tak memusingkannya, atau bahkan melarang mereka. Kamu pun tak lantas harus memaksakan diri mengikuti gaya hidup mereka apabila bertentangan dengan pegangan hidupmu, Sunners.

  1. Budaya

People Walking on Street

Sumber: Christiano Sinisterra/Pexels

Jika kamu memilih bersekolah di negara Jepang yang sangat mengedepankan kedisiplinan dan ketepatan waktu, mungkin kamu harus membiasakan diri dengan budaya tersebut. Apalagi ketika budaya Indonesia sangat kental dengan ‘datang terlambat’. Budaya tersebut akan menyulitkanmu jika tak diubah sedari sekarang. Cap tak profesional dan tak bisa diandalkan mungkin akan kamu pegang jika tak mulai membiasakan hidup tepat waktu.

Nah, Sunners, itulah beberapa hal yang akan menyambutmu jika bersekolah di luar negeri. Terdengar sulit memang, tetapi jika kamu telah membiasakan diri dengannya, kamu akan dengan mudah melewati masa-masa bersekolah di negeri lain. Jangan putus semangat ya, Sunners!

 

Nur Hidayah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment