Majalah Sunday

5 Hal Penting Dalam Memilih Teman Untuk Masa Depan Kamu Nanti

Penulis: Chelvin Finakat Molama – Universitas Kristen Indonesia

Kalian pasti setuju kalau punya teman itu penting banget ya. Tapi, pernah nggak sih kalian mikirin kriteria apa aja sih yang harus dipertimbangkan dalam memilih teman? Nah, kali ini gue mau share 5 hal penting yang harus kalian perhatiin dalam memilih teman untuk masa depan kalian nanti. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Cari tahu alasan kenapa kita harus memilih teman yang tepat

Kenapa kita harus selektif berteman? Pict by canva.com

Mengapa Kita Harus Memilih Teman dalam Bergaul?

Punya teman itu pasti asik banget ya. Tapi, jangan sampai kita asal-asalan dalam memilih teman. Kita harus bisa memilih teman yang tepat, karena teman yang baik akan membawa dampak positif bagi hidup kita. Pertama-tama, teman yang baik bisa membantu kita dalam menghadapi masalah. Kita nggak akan merasa sendirian dan bingung lagi ketika menghadapi masalah, karena teman kita akan selalu ada untuk mendengarkan dan memberikan saran yang baik.

Selain itu, memilih teman yang tepat juga bisa mempengaruhi perilaku kita. Teman yang baik akan mempengaruhi kita untuk melakukan hal-hal yang positif dan mendukung cita-cita kita. Sebaliknya, teman yang buruk bisa mempengaruhi kita untuk melakukan hal-hal yang negatif dan merugikan diri sendiri. Jadi, jangan sampai kita salah pilih teman ya. Kita harus bisa memilih teman yang bisa membawa dampak positif bagi hidup kita dan membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal yang Penting Dalam Memilih Teman

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih teman untuk karir kamu:

Pilih Teman yang Visi dan Tujuannya Sejalan Denganmu

Pilih teman yang memiliki visi dan tujuan yang sama dengan kamu. Mereka harus memiliki minat dan ambisi yang sama dengan bidang karir yang kamu tekuni. Ketika kamu berbagi visi yang sama, kamu dapat saling mendukung, memotivasi, dan tumbuh bersama.

Pilih Teman yang Punya Kualitas dan Kompetensi Unggul

Teman-teman karier  yang bagus harus memiliki kualitas dan kompetensi yang sesuai dengan bidang kari kamu. Mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu hargai dan belajar darinya. Pilihlah teman yang memberikan sumbangsih positif dan memperkaya pengalaman kamu.

Tentunya Majalah Sunday gak kepingin kamu eksklusif banget, tapi memilih teman itu boleh, terlebih untuk karir di masa depan yang lebih baik

Memiliki teman dekat bukan berarti kamu tertutup untuk bergaul dengan orang lainnya ya, pict by canva.com

Pilih Teman yang Memiliki Kepribadian dan Etika yang Santun

Perhatikan kepribadian dan etika kerja teman yang kamu pilih. Teman-teman karir yang baik harus dapat bekerja secara efektif dalam tim. memiliki integritas, dan dapat diandalkan. Pilihlah orang-orang yang kamu percaya dapat bekerja dengan baik, menjaga kerahasiaan, dan memegang komitmen.

Pilih Teman yang Dapat Memperluas Jaringan dan Koneksi

Pertimbangkan jaringan dan koneksi yang dimiliki teman yang akan kamu pilih. Teman-teman dengan jaringan yang luas dapat membantu kamu memperluas lingkaran profesional kamu, menghubungkan kesempatan karir, atau memberikan wawasan dan perspektif baru.

Pilih Teman yang Bisa Berkolaborasi dengan Baik

Teman-teman karir yang baik harus memberikan dukungan dan bekerja sama dengan kamu. pilihlah teman yang memberikan umpan balik yang membangun, mendukung kamu dalam tantangan karir, dan bersedia untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Selamat mempertimbangkan hal-hal di atas dalam memilih teman

Selamat mempertimbangkan hal-hal di atas, pict by canva.com

Jadi, teman-teman, itu dia beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih teman. Ingatlah bahwa teman-teman kita akan mempengaruhi hidup kita, jadi pastikan kita memilih teman yang baik dan positif. Jangan takut untuk mengambil jalan yang berbeda dari teman-teman yang mungkin kurang baik pengaruhnya. Terkadang, menjadi sendirian lebih baik daripada bersama dengan orang yang buruk pengaruhnya. Tetaplah jujur pada diri sendiri dan pilihlah teman yang benar-benar membuat kita merasa bahagia dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 233
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?