WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Cara Menghadapi Kegelisahan Saat Merasa Tidak Ada Tempat Cerita

Hi, Sunners! Menjadi remaja memang terkadang menyulitkan. Kamu mulai merasakan banyak perasaan dan keadaan yang tidak mengenakkan untuk dirimu.

Kesedihan, kegagalan, dan kegelisahan adalah hal yang wajar untuk kita rasakan sebagai manusia. 

Saat sedang mengalami hal tersebut, kita membutuhkan orang yang bisa kita percaya untuk sharing dan berkeluh kesah. Orang tua dan teman-teman biasanya menjadi tempat yang dirasa tepat untuk bersandar. Namun, saat kita merasa kesulitan, terkadang orang terdekat sekalipun terasa jauh dan sulit untuk diajak berkomunikasi. Ada beberapa hal yang bisa kamu coba lho, Sunners! Yuk kita lihat.

1. Menulis catatan atau diari

Ilustrasi oleh Erika Septiyanti

Kalau kamu tidak bisa bercerita dengan orang lain karena satu dan lain hal, tetapi kamu merasa perlu mengeluarkan perasaan dan isi kepalamu, kamu bisa menulis diari. Ceritakan dan tuangkan semuanya di sana. Setidaknya kamu bisa mengekspresikan kesedihan atau kegelisahanmu hingga kamu bisa merasa sedikit lega. Anggap diarimu adalah teman dekatmu, dia tidak akan menilai kamu buruk atau memarahimu.

2. Berdialog dengan diri sendiri

Ilustrasi oleh Erika Septiyanti

Berdialog dengan diri sendiri juga bisa jadi pengurang kegelisahanmu, Sunners! Siapkan waktu, ruang, dan hati untuk diri sendiri agar kamu bisa fokus memikirkan apa yang menjadi kegelisahanmu. Mulai bertanya pada dirimu apa penyebab kegelisahanmu dan cari jalan keluar yang menurut kamu paling tepat dan nyaman.

3. Bercerita dengan orang asing

Ilustrasi oleh Erika Septiyanti

Ini mungkin agak sedikit ekstrem mengingat orang terdekat saja ada yang tidak ingin mendengar ceritamu. Tetapi kamu bisa mencobanya, Sunners! Cari teman baru di berbagai sosial media atau aplikasi. Mulai berkenalan dan bercerita dengan strangers bisa jadi hal yang seru. Aku beri tips, ya, Sunners, kamu bisa chat dan berkenalan secara umum terlebih dahulu, lalu kamu analisis apakah orang tersebut ramah atau tidak. Kalau dia cukup friendly dan terbuka, kamu bisa coba bercerita dengannya. 

Walaupun begitu, ingat, ya, saat berkomunikasi dengan orang asing jangan banyak memberi informasi penting terkait identitas kamu dan jangan mau bertemu jika belum mengenalnya dengan baik. Jika kamu masih takut, kamu bisa cari akun sosial media yang berisi edukasi mental health, biasanya mereka membuka sesi curhat gratis.

4. Berselancar di internet

Ilustrasi oleh Erika Septiyanti

Internet adalah tempat yang luas dengan berbagai informasi di dalamnya. Kamu bisa berselancar di sana untuk mencari solusi atas kegelisahanmu. Misal, kamu sedang gelisah tentang kesehatanmu, kamu bisa cari di internet, lalu cari di situs kesehatan mengenai masalah kesehatanmu. Begitu juga dengan hal-hal lain yang tentunya bisa kamu cari di internet, Sunners.

5. Berdistraksi

Ilustrasi oleh Erika Septiyanti

Kamu bisa coba mengalihkan rasa gelisahmu dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Menonton film, mendengarkan lagu kesukaanmu, bernyanyi sekencangnya, menari-nari, atau kamu bisa melakukan hobi baru, seperti menyulam, melukis, atau kegiatan lain yang ingin kamu lakukan.

Life must go on and be happy, Sunners! Tidak apa-apa merasa sedih dan gelisah, take your time to feel it. Setelah itu, kamu bisa bangkit dengan kakimu sendiri. Tunjukkan pada dunia kalau kamu bisa!

 

Penulis: Erika Septiyanti Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment