Majalah Sunday

4 Tips Tetap Fokus
Saat Mengerjakan Sesuatu

Penulis: Hikmah Ovita – UNJ
Editor: Imani – UNJ

Halo Sunners, siapa di sini yang mudah terdistraksi saat sedang melakukan sesuatu? Misalnya Ketika baca buku, baru 5 – 10 menit otak sudah not responding, pikiran-pikiran lain mulai bergentayangan. Atau ketika sedang belajar,  baru belajar sepuluh menit sudah terdistraksi media sosial. Hayoh, ngaku! Berikut ada empat tips yang bisa kamu lakukan agar tetap fokus dalam mengerjakan sesuatu.

1. Singkirkan Hal-Hal yang Mengganggu

Ruang belajar yang nyaman, pict by canva.com

Tips pertama agar tetap fokus, kamu harus menyingkirkan gangguan. Mulai dengan hal-hal sederhana seperti, pindah ke tempat sepi, menutup program yang tidak penting di komputermu, menutup pintu kamar, mematikan notifikasi ponsel, atau sekalian mematikan ponsel.

2. Pakai Rumus SMART

tips tetap fokus
Menerapkan rumus SMART memudahkan kita untuk mengerjakan tugas, pict by canva.com

Kamu pasti pernah dihadapkan oleh banyak tugas dalam waktu yang sama. Saking banyaknya sampai bingung mau mengerjakan yang mana. Cobalah memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dalam rumus SMART.

Spesific, apa yang sebenarnya perlu di lakukan? Measurable (terukur), apakah kamu bisa melihat progress dari tugasmu? Achievable (dapat dicapai), bisakah tugas itu selesai sebelum batas waktu? Relevant, apakah tugas yang dikerjakan cocok dengan rencana atau tujuan yang lebih besar? Timely (tepat waktu), kapan perlu dilakukan?

3. Terapkan Teknik Podomoro

tips tetap fokus
Mengatur waktu pengerjaan tugas, pict by canva.com

Tetap fokus membantu kamu menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang singkat. Teknik podomoro atau metode pengaturan waktu, membantu kamu melatih otak agar tetap fokus mengerjakan tugas dalam waktu yang singkat. Caranya, atur timer selama 25 menit, saat timer berbunyi, istirahatlah selama lima menit, kemudian atur timer kembali. Lakukan berulang hingga 4 putaran atau lebih.

4. Jaga Pola Tidur

Mengatur pola tidur juga bisa membuat kita tetap fokus, loh! Pict by canva.com

Menjaga pola tidur bukan rahasia lagi agar bisa tetap fokus. Untuk remaja sampai dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam. Orang yang kurang tidur hampir tiap malam dalam seminggu, bisa menimbulkan efek negatif pada memori jangka panjang dan jangka pendek, serta menurunnya kemampuan konsentrasi. Nah Sunners, jangan sering-sering begadang, ya!

Itu dia 4 tips agar kamu tetap fokus. Jangan lupa makan makanan yang seimbang, rajin olah raga, dan cobalah meditasi.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 871
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?