WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Tips Punya Bibir Cerah Merona Alami

Setiap manusia memiliki warna bibir bawaan yang berbeda-beda mulai dari merah muda hingga kecoklatan. Bibir berwarna pink kemerahan dengan bentuk yang proporsional menjadi daya tarik tersendiri. Bibir yang merona membuat penampilan semakin menarik dan memberikan rasa percaya diri. Akan tetapi gaya hidup dan kebiasaan buruk bisa jadi pemicu bibir gelap yang bikin nggak PD. Gimana sih cara merawat bibir supaya cerah merona alami? Yuk cari tahu, Sunners!

  • Rutin Merawat Bibir

Hampir semua perempuan merasa minder kalau nggak pakai lipstik, termasuk kamu nggak? Usai beraktivitas wajib banget nih untuk membersihkan sisa lipstik. Jika ingin bibir yang merona alami, lakukan juga eksfoliasi setidaknya dua kali dalam seminggu. Malas mengeksfoliasi bibir membuat penumpukan sisa lipstick dan sel kulit mati. Tentu saja hal ini akan membikin bibir menggelap. Seperti wajah dan bagian tubuh lainnya, merawar bibir nggak kalah penting. Biar nggak bosen, masa School From Home bisa dimanfaatkan dengan DIY scrub sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah kok dan mungkin tersedia semua di dapur rumahmu. Sebagai rekomendasi, tonton video DIY Scrub Agatha Chelsea ini yuk!

Kulit bibir selalu terbuka dan kelembabannya mudah hilang apalagi saat cuaca panas. Bukan hanya bisa merusak wajah, paparan sinar matahari langsung juga bisa berdampak buruk pada bibir. Selain membuat pecah-pecah, bibir yang kering juga berpotensi untuk menggelap secara perlahan-lahan. Tetap jaga kelembaban dengan oleskan lip balm secara teratur. Saat beraktivitas di luar ruangan, penting untuk memoles bibir dengan lipgloss atau lipbalm yang mengandung SPF 30 agar bibir senantiasa terlindungi. Sunners, hindari menjilat, menggigit dan mengelupas paksa bibir ya.

  • Perhatikan Produk Bibir

Pastikan kamu membaca dengan teliti waktu kadaluarsa produk bibir sebelum membeli dan menggunakannya. Produk yang sudah masuk masa kadaluarsa sudah jelek kualitasnya dan dapat mempengaruhi kondisi bibir. Jangan sayang untuk membuangnya ya. Kamu juga perlu membaca kandungan dalam produk tersebut. Kandungan dalam produk kosmetik bisa menyebabkan reaksi alergi pada bibir seperti yang mengandung asam ricinoleic, isopalmityl diglyceryl sebacate dan asam lemak dipentaerythritol. Ingat, hindari ya!

  • Jangan Konsumsi Kafein Berlebihan

Trimethylxanthine atau biasa dikenal sebagai kafein adalah zat diuretik yang menjadi penyebab tubuh banyak mengeluarkan cairan lewat urin. Banyak mengonsumsi kafein membuat kita mengalami dehidrasi karena cairan tubuh terus keluar menjadi urin. Akhirnya hal ini, menyebabkan bibir kering, pecah-pecah dan warnanya berubah lebih gelap. 

Contoh minuman yang mengandung kafein selain kopi adalah teh, minuman bersoda dan minuman berenergi. Es krim, dark chocolate, dan protein bar bahkan permen karet juga tak terlepas dari kandungan kafein loh! Dikutip dari hellosehat.com,  kafein memiliki efek positif bagi tubuh diantaranya; meningkatkan performa olahraga dan mencegah penurunan fungsi otak. Kafein dalam porsi wajar memberi sejumlah kebaikan dan berefek buruk bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu tinggi. 

Mulai kebiasaan baik yang bisa menyehatkan bibir yuk. Sebab menjaga kesehatan bibir lebih penting ketimbang melakukan perawatan untuk mengembalikan bibir yang menggelap dan tidak sehat. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Cintai tubuhmu!

Oleh : Masriah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment