WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Rekomendasi Sekolah Khusus yang Dapat Menyalurkan Bakat dan Minatmu

Sunners, pernah gak sih kamu memimpikan bersekolah di tempat yang bisa menyalurkan bakat dan minatmu secara penuh dan bukan hanya sebatas ekstrakurikuler aja? Ternyata ada lho sekolah yang seperti itu. Gak percaya? Yuk simak 3 sekolah khusus yang akan Mimin bahas!

Sekolah khusus mungkin terdengar agak asing di telinga karena keberadaannya sendiri belum banyak di Indonesia. Salah satu keunggulan dari sekolah khusus adalah mereka membebaskan bahkan memfasilitasi apa yang ingin kamu pelajari sesuai dengan minatmu dan jangan khawatir soal bagaimana nasibmu nanti setelah bersekolah disana. Karena setelah lulus dari sekolah khusus kamu juga mendapatkan ijazah kelulusan dan dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Berikut ini ada 3 rekomendasi sekolah khusus yang Mimin rangkum. Yuk kita bahas satu per satu!
 
1. Erudio School of Art

by temantakita.com

Jika kamu memiliki ketertarikan dan ingin memperdalam minatmu pada bidang seni rupa, ESoA bisa menjadi salah satu sekolah tujuanmu. Berbeda dengan sekolah biasa dimana pengajar menyamaratakan model pembelajaran dan kemudian menjejalkan pengetahuan ke siswanya, di ESoA siswa lah yang menentukan model pembelajarannya sendiri berdasarkan minat dan cara belajar. Lalu gunanya pengajar di sekolah ini apa Min? Di sini peran pengajar sebagai narasumber dan fasilitator untuk siswanya dalam mengeksplor minat dan merancang project karya. Pada program SMA, ESoA memiliki 2 pengutamaan yaitu pengutamaan seni dan pengutamaan sains. Pada pengutamaan seni terbagi lagi 3 fokus pengetahuan yaitu implementasi, seni terapan dan sejarah dan teori seni visual. Sedangkan dalam pengutamaan sains terdapat 5 fokus pengetahuan yaitu biologi, fisika, matematika, kimia dan komputer. Setelah selesai mengikuti pembelajaran di Erudio, para siswa akan mendapatkan dua ijazah kelulusan. Pertama, ijazah Ujian Paket C setara SMA. Kedua, ijazah Foundation Diploma atau setara Diploma 1 (D1) dari Pearson BTEC English untuk mata pelajaran seni rupa dan desain. Kalau kamu ingin tahu ESoA lebih detail, kamu bisa mengunjungi webnya di sini

2. SMK Musik Perguruan Cikini

by smmpercik.sch.id

Nah, kalau kamu memiliki kemampuan di bidang seni musik dan berniat untuk mengasah kemampuanmu kamu bisa memasukkan SMM Percik ini ke dalam list sekolah tujuanmu. Di sini para siswa akan dipersilahkan memilih instrumen mayor yang ingin dipelajari secara mendalam dan tidak hanya mengasah keterampilan bermusik itu saja tetapi mereka juga diberi teori dan wawasan mengenai musik. Selain itu, untuk mengasah soft skill SMM Percik juga memiliki kebijakan untuk mewajibkan para siswa untuk tinggal di asrama selama bersekolah di sini. Jika kamu tertarik dengan sekolah musik terbaik di Jakarta ini dan ingin mengenal secara lebih detail, kamu bisa mengunjungi webnya di sini.

3. Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan

by indosport.com

Adakah salah satu dari Sunners yang memiliki hobi di bidang olahraga?? Atau mungkin bercita-cita menjadi atlet? Nah, sekolah atlet yang satu ini juga bisa menjadi sekolah yang pas untuk masuk ke dalam list sekolah tujuanmu yaitu SKO Ragunan. Eittss tapi jika kamu ingin bersekolah di sini kamu juga perlu membekali diri dengan prestasi olahraga yang mumpuni karena seleksinya cukup ketat dan seleksinya sendiri dilakukan oleh Kemenpora dan Dinas Olahraga DKI Jakarta. Hal ini sebanding karena begitu kamu lulus seleksi dan bersekolah di SKO Ragunan, sekolah tidak memungut biaya dan justru kamu malah mendapat uang saku lho! Jika ada uang saku pasti kamu bisa menebak.. yap! SKO Ragunan juga mewajibkan para siswanya untuk tinggal di asrama. Ini bertujuan agar kamu dapat fokus latihan untuk mengasah kemampuan olahraga dan diharapkan menjadi atlet yang handal. Kalau kamu ingin tahu apa saja persyaratan dan info mengenai penerimaan siswa baru di sekolah ini kamu bisa mengunjungi webnya di sini.

Nah, itu dia 3 rekomendasi Mimin mengenai sekolah khusus yang dapat menyalurkan bakat dan minat kamu. Dari ketiga sekolah tersebut adakah sekolah yang membuatmu tertarik atau salah satunya sudah menjadi sekolah incaranmu?

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

 

Leave A Comment