Majalah Sunday

3 Jalur Mandiri PTN Tanpa Tes, Berani Mencoba?

Penulis: Atika Salsabila – Universitas Padjadjaran

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri ini buka jalur mandiri tanpa tes. Bagi kalian para pejuang yang sudah dihadapkan dengan SNBP maupun SNBT mungkin melelahkan jika hasilnya masih terus gagal. Tetapi, perlu diketahui bahwa akan ada banyak jalan untuk menuju suatu tujuan yang kamu inginkan. 

Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri favorit semua orang bisa diraih dengan banyak cara. Berikut ini mimin kasih rangkumkan beberapa jalur mandiri PTN yang bisa menjadi acuan kalian untuk mendaftar tanpa melalui tes tertulis lagi. 

Buat kalian yang sudah lelah menghadapi berbagai macam soal dan sudah sangat pasrah, coba cek beberapa informasi berikut!

Jalur mandiri ptn yang masih buka tanpa tes

Ilustrasi Pejuang PTN, pict by canva.com

1. Jalur Mandiri PTN: Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas yang terletak di Surakarta ini membuka jalur mandiri yang dapat diikuti oleh mahasiswa baru tanpa melalui tes. Jalur tersebut dibagi dalam beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan prestasi yang Sunners miliki

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda

Seleksi ini diperuntukkan untuk siswa yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS di masa SMA dengan minimal satu periode kepemimpinan.

Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan

Diperuntukkan bagi lulusan SMA atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai perjanjian kerja sama dengan UNS.

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

Seleksi dengan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non-akademik.

Untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, Sunners bisa langsung cek melalui laman resmi di https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1

2. Jalur Mandiri PTN: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Selanjutnya salah satu kampus besar di Surabaya ini juga membuka jalur seleksi tanpa tes loh, Sunners. Seleksi yang dilakukan akan mengedepankan prestasi dari calon mahasiswa baru.

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik memakai nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. 

Untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, Sunners bisa langsung cek melalui laman resmi di https://www.its.ac.id/admission/sarjana/sp/#ketentuan

3. Jalur Mandiri PTN: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Berikutnya buat Sunners yang ingin berkuliah di Kota Pelajar Yogyakarta, mungkin bisa mencoba salah satu jalur masuk yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu kampus negeri yang berada di Yogyakarta. Sunners bisa memilih beberapa jalur yang ditawarkan menyesuaikan dengan peluang yang paling cocok untuk diri kalian. UNY menawarkan beberapa pilihan jalur masuk diantaranya :

SM S1 Prestasi Akademik

Penjaringan yang dilakukan dalam seleksi ini melalui nilai rapor calon mahasiswa baru serta dengan mempertimbangkan prestasi yang dimiliki. Semakin tinggi nilai dan prestasi yang Sunners miliki, akan semakin tinggi pula peluang untuk lolos melalui jalur tanpa tes yang ditawarkan UNY ini.

SM S1 Prestasi Unggul

Bagi yang memiliki prestasi di bidang non-akademik mungkin bisa mendaftar melalui jalur ini. Prestasi yang dimiliki dari berbagai bidang dan kejuaran yang pernah diraih akan membantu Sunners dalam menggapai kampus impian. Jadi, siapkan prestasi terbaik yang kalian miliki untuk mendaftar di jalur ini yaa.

SM S1 Skor UTBK-SNBT

Selanjutnya bagi kalian yang telah mengikuti tes dalam SNBT tetapi masih tidak sesuai dengan ekspektasi dan ingin mencoba lagi, mungkin jalur ini cocok bagi kalian. Dengan nilai yang telah muncul dalam tes SNBT, dapat disesuaikan dengan program studi lain yang ada di UNY tentunya cocok dengan minat dan bakat kalian.

Untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, Sunners bisa langsung cek melalui laman resmi di https://pmb.uny.ac.id/index.php/program-sarjana/jalur

Nah, beberapa jalur mandiri PTN tadi dapat menjadi salah satu alternatif bagi Sunners nih yang lagi mencari kampus yang tepat. Apapun kesulitannya, pasti akan ada jalan terbaik yang telah disiapkan Tuhan bagi kesuksesan kalian. Mimin tetap berdoa agar kalian semua yang membaca artikel ini mendapat kampus yang kalian impikan selama ini yaa. Tetap semangat, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 32
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?