Majalah Sunday

3 Program Pemerintah Untuk Menyokong Lulusan SMK Periode Pandemi Covid-19!

Penulis: Nimas Anggraini Kencanasari- Universitas Negeri Jakarta
Editor: Husna Raharjo – Universitas Kristen Indonesia

Kali ini ada program pemerintah yang menyokong lulusan SMK pada era pandemi Covid-19 loh! yuk, simak artikel ini untuk mengurangi kegalauanmu!

3 Program Pemerintah yang Menyokong Lulusan SMK Periode Pandemi Covid-19, Majalah Sunday

Masa depan periode Covid-19?, pict by Pexels.com

3 Program Pemerintah yang Menyokong Lulusan SMK Periode Pandemi Covid-19!

Sistem perekonomian dalam masa pandemi ini mendapat pengaruh lumayan besar sehingga berdampak kepada banyaknya sektor yang harus merugi, berhenti sementara, atau gulung tikar dan menyebabkan pengangguran membludak karena terkena imbasnya. Hal ini menyebabkan persaingan dalam pencarian lapangan kerja semakin sengit dan siswa SMK yang lulus di masa pandemi semakin berpikir berulang kali dalam menentukan pilihannya.  

Nah, Sunners tenang aja ternyata pemerintah tidak tinggal diam loh dengan semua dampak yang disebabkan pandemi ini. Di sini aku akan kasih tahu 3 program pemerintah yang dijalankan untuk membantu Jenjang karier teman-teman lulusan SMK.

Program PPKS

Buat kamu yang memang berkeinginan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus SMK, ini adalah program yang sangat pas. PPKS adalah Program Pusat Pengembangan Karir Siswa dimana sekolah bekerja sama dengan BKK dalam mencari lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan. Nantinya Sunners cukup melamar dan perekrutannya akan dilakukan melalui sekolah. Tenang saja, perusahaan yang bekerja sama dengan BKK adalah perusahaan yang sudah dijamin keamanannya dan gajinya pasti sesuai dengan kinerja teman-teman. 

Kampus merdeka vokasi SMK-D2 jalur cepat

Sunners ingin kuliah tapi juga ingin cepat bekerja? Jangan risau, pemerintah saat ini tengah menggalakkan program semacam akselerasi dimana program ini menyediakan SMK-D2 jalur cepat yaitu dengan cara pemerintah memberikan tawaran ke SMK untuk membuka program ini yang akan berlangsung selama 4,5 tahun dimana akan digabungkan antara SMK dan program D2 dengan di dalamnya terdapat program praktik kerja lapangan, kuliah, dan magang. 

Jadi Sunners akan mendapat pengalaman berkuliah sambil bekerja ketika menjalankan program ini dari program magangnya. Magang juga dapat cuan, loh!

Beasiswa KIP-K

Meskipun pendidikan SMK memang berfokus menyiapkan lulusannya untuk langsung terjun ke dunia kerja, tapi sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk Sunners tetap meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi juga. Kejuruan yang diambil saat SMK tidak berpengaruh besar  kok dalam penentuan diterima atau tidaknya teman-teman di perguruan tinggi. jadi, tidak masalah lintas jurusan asal sudah mempersiapkan dengan matang untuk tesnya dan jurusan kuliah yang dipilih adalah yang diminati dan dikuasai agar kalian juga merasa nyaman dalam bangku kuliah. 

Tak sedikit teman-teman yang terdampak oleh pandemi ini sehingga perekonomian agak sulit dan bimbang biaya kuliah dari mana. eiitts, tapi ekonomi bukan penghalang untuk melanjutkan kuliah kok. Pemerintah sudah menyediakan program beasiswa KIP-K untuk Sunners yang terhalang permasalahan ekonomi. Pengajuan dan persyaratannya mudah, loh. 

Nah, sekarang sudah tidak galau lagi kan dengan jenjang karier ketika lulus pada masa pandemi, Sunners? kamu pasti bisa kalau berusaha. Ingat, hasil tidak akan menghianati usaha. tetap semangat, ya!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 899
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?