Majalah Sunday

3 Etika yang Harus Kamu Perhatikan
dalam Bermedia Sosial

Penulis: Adnan Rizki – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Sunners, etika bermedia sosial merupakan hal penting nih yang harus kamu perhatikan. Di era sekarang, siapa sih yang gak punya media sosial ya kan? Bahkan proses pembelajaran Sunners di sekolah juga sekarang sudah banyak berkaitan dengan media sosial, seperti mengakses materi atau mengirimkan tugas. 

Selain itu, sosial media juga menjadi salah satu wadah dalam proses pertukaran informasi, banyak sekali yang bisa kamu akses dengan sosial media, entah itu gosip artis, berita politik, isu-isu sosial, bahkan kamu pernah gak melihat beberapa temanmu bertengkar di media sosial? ups. 

Etika Bermedia Sosial yang Harus Kamu Tau

Sunners tau gak? Karena arus sosial media yang berkembang sangat pesat, ada beberapa oknum yang memanfaatkan sosial media untuk sebuah aksi kejahatan, mengerikan bukan? Nah, untuk menghindari kejadian tersebut terdapat etika yang harus kamu perhatikan nih agar kamu merasa aman dan nyaman saat bermedia sosial: 

Tidak memberi informasi dalam bentuk kekerasan dan sara

Informasi di media sosial sangat beragam, bahkan kita juga bisa menjadi termasuk bagian dari transmisi informasi kepada khalayak umum. Ujaran kebencian atau aksi kekerasan dalam rangka berkelahi dengan teman, atau mungkin akibat perdebatan perbedaan pendapat, sebaiknya dihindari. Sunners harus ingat, bahwa media sosial memiliki rekam jejak abadi, siapa pun bisa melihat aksi Sunners, siapapun bisa mempermasalahkan aksi Sunners dan menjadikan media sosial sebagai bukti.

Memang mungkin berkata kasar atau bullying orang di internet menjadi pemandangan yang biasa untuk kita, namun Sunners harus sadar bahwa bagaimanapun juga perilaku tidak baik di manapun dan kapanpun akan tetap menjadi tidak baik. Tak hanya menjaga etika di dunia nyata, menjaga etika di dunia maya merupakan salah satu yang penting dilakukan.

Periksa ulang informasi yang diterima

Informasi di media sosial sangat beragam, dari yang faktual, dugaan, hingga hoaks. Bahkan terkadang yang viral belum tentu informasi yang benar. Cara mengeceknya sangat mudah, Sunners bisa mencari dengan keyword yang sama dengan informasi yang didapatkan, ketik keyword tersebut di bar search Google, karena biasanya akan ada banyak artikel yang membahas hal tersebut hoaks atau bukan, terutama website Menkominfo. Jika informasi tersebut berupa gambar atau video, Sunners bisa memastikannya dengan screenshoot salah satu bagian video yang iconic, lalu search dengan Google Camera.

Memberikan informasi pribadi sewajarnya

Sunners pernah gak sih bikin WhatsApp Story atau Instagram Story tentang kegiatan-kegiatan Sunners? Nah, pasti menyenangkan banget kan kalau banyak yang reaksi. Eits, tapi Sunners juga harus hati-hati, fitur Story memang sangat praktis,namun data pribadi kamu yang sering mengunggah kehidupan pribadi bisa dilihat dari sana. Data pribadi sangatlah berbahaya, orang-orang yang berniat jahat bisa tau keadaan dan kebiasaan kamu, bahkan kamu bisa saja tidak sengaja merekam hal yang seharusnya tidak terekam, seperti nomor pin dan sebagainya. 

Walaupun Sunners bisa meng-hidden orang-orang tertentu, atau Sunners merasa Story WhatsApp terasa lebih aman karena kebanyakan yang menyimpan nomor adalah orang dikenal, tapi harus ingat banyak kasus Story WhatsApp yang diunggah ulang oleh teman tanpa seizin pemilik, akhirnya pemilik unggahan yang terkena masalah. Sesuatu yang sudah terlanjur diunggah tidak akan bisa ditarik lagi seenaknya, bahkan walaupun itu sudah hilang dalam kurun waktu 24 jam. Yuk, jaga privasi!

etika bermedia sosial perlu kamu lakukan juga,lho

Etika bermedia sosial itu perlu, lho Sunners, pict by canva.com

Itu 3 etika yang harus kamu perhatikan saat bermedia sosial. media sosial bisa menjadi sangat menguntungkan dan mempermudah pekerjaanmu, namun gunakan dengan bijak dan tetap gunakan etika ya, Sunners.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 188
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?