WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Cara Mencintai Jurusan yang Awalnya Tidak Diminati

Terkadang kita bingung untuk membedakan mana yang mencintai dan menyukai.

 

Mencintai bukan saja terletak pada seseorang atau sekelompok orang karena realitanya banyak sekali orang mencintai gadget, film, uang, motor, rumah, dan banyak lagi. 

Dapat dikatakan bahwa menyukai hanya perasaan sekedar ingin tahu atau kurangnya kegiatan yang kita lakukan, sedangkan mencintai berarti lebih banyak menghabiskan waktu pada sesuatu yang kita suka. 

Lalu, bagaimana cara agar kamu dapat mencintai jurusan yang tidak kamu minati? Cara ini akan sulit kamu pahami kalau dengan berpikir, berperasaan dan berkeinginan yang tidak berterima, tapi akan lebih mudah diterima kalau kamu benar-benar mau mencintainya. Berikut ini caranya.

Mencintai jurusan tersebut seperti mencintai si Doi

Heart, Love, Sunset, Shape, Sign

Kalau kamu tertawa setelah membaca cara di atas, berarti kamu sudah sangat siap mencintai jurusan yang kamu benci, kalau kamu merasa biasa saja setelah membaca cara di atas berarti kamu perlu bertanya pada dirimu sendiri seperti, mengapa aku bisa mencintai si Doi? Apa saja usaha yang kulakukan? Setelah itu hubungkan dengan jurusan yang kamu punya. Sederhananya adalah mencintai jurusan lebih mudah karena ia tak punya perasaan dan tidak akan berubah menyakitimu, tetapi kamu yang menyakiti dirimu sendiri.

Menantang dirimu untuk bangkit dari ketidaksukaan dengan membangun relasi

Diverse hands supporting a blank yellow round board Diverse hands supporting a blank yellow round board relationship signs stock pictures, royalty-free photos & images

Kamu mesti melakukan pencarian yaitu dengan bergaul sama teman-teman yang kompeten pada jurusan tersebut agar pola pikirmu sama seperti mereka. Minta guru untuk membimbingmu dan bercerita padanya bahwa kamu tidak minat pada jurusan tersebut, maka ia akan membantumu untuk sedikit mengerti. Lalu ceritakan sama orang tua, keluarga, dan berdoa agar kamu tidak terbeban. Mungkin awalnya mereka dapat membuatmu bimbang, tapi ujung-ujungnya akan mendukungmu untuk lanjut, kalaupun ada hanya sedikit yang akan memintamu untuk pindah jurusan. 

Aktif pada kegiatan atau mata pelajaran yang paling kamu suka

Hal yang tidak mungkin terjadi kalau dalam sekolah atau jurusan yang tidak kamu minati, tanpa satu pun yang menarik. Setidaknya kamu suka satu mata pelajaran, setidaknya kamu suka organisasinya, dan setidaknya kamu suka ekstrakurikuler. Setelah kamu melakukan hal-hal yang kamu anggap menarik, biasanya sedikit demi sedikit kamu akan mencintai jurusan itu, apalagi kalau kamu tidak acuh tak acuh pada jurusan tersebut, maka semakin cepat kamu mencintainya. 

Pada dasarnya semua jurusan itu baik. Unggul tidaknya sangat bergantung pada sumber daya manusia dan fasilitas jurusan yang ada. Akan tetapi perlu dipahami bahwa kepintaran hanya ada pada manusia bukan alat, jadi kalau kamu mau berjuang keras untuk mencintai jurusan yang tidak kamu suka, itu sangat jelas kamu dapat membanggakan jurusan tersebut. 

 

Penulis: Tomi

Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment