Majalah Sunday

3 Cara Mencintai Jurusan yang Awalnya Tidak Diminati

Penulis: Tomi – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Sunners lagi ngerasa salah jurusan karena seharusnya bukan jurusan sekarang ini yang kamu pilih? Merasa sulit fokus karena nggak nyaman belajar di jurusan sekarang ini? Gimana cara menyukai jurusan yang awalnya tidak diminati agar belajarnya lebih enjoy, ya? Simak artikel ini, ya!

Bagaimana Cara Menyukai Jurusan yang Awalnya Tidak Diminati?

Lalu, bagaimana cara agar kamu dapat mencintai jurusan yang tidak kamu minati? Cara ini akan sulit kamu pahami kalau hanya dengan berpikir, berperasaan dan berkeinginan yang tidak berterima. Akan lebih mudah diterima kalau kamu benar-benar mau mencintainya. Berikut ini caranya.

1. Mencintai Jurusan Seperti Mencintai Doi

Waduh, gimana maksudnya? Kalau Sunners tertawa setelah membaca cara di atas, berarti kamu sudah sangat siap mencintai jurusan yang sedang dibenci.  Sederhananya, mencintai jurusan lebih mudah karena ia tak punya perasaan dan tidak akan berubah menyakitimu, tetapi kamu yang menyakiti dirimu sendiri.

Jadi, cobalah untuk menerima perjalanan pendidikan yang sedang ditempuh. Kita tidak tahu ke depannya nanti akan seperti apa. Siapa tahu, dengan jurusan yang tidak kamu sukai ini justru membawa dirimu pada kesuksesan. Berbaik sangka kepada jalan Tuhan itu hal yang baik, lho.

nikmati jurusanmu saat ini sebagai cara mencintai jurusan yang tidak disukai saat awal

Tidak apa-apa jika terasa berat di awal, tidak ada salahnya untuk tetap belajar pada jurusan tersebut, pict by canva.com

2. Menantang Diri Untuk Bangkit dari Ketidaksukaan terhadap Jurusan

Perlu melakukan pencarian dengan cara bergaul ke teman-teman yang kompeten pada jurusan tersebut agar pola pikirmu sama seperti mereka. Minta guru untuk membimbingmu dan bercerita padanya bahwa kamu tidak minat pada jurusan tersebut, maka guru tersebut akan mencoba mengerti keadaanmu.

Ceritakan kepada orang tua, keluarga, dan berdoa agar kamu tidak merasa terbebani. Mungkin awalnya mereka dapat membuatmu bimbang, tapi ujung-ujungnya akan mendukungmu untuk lanjut. Hanya sedikit persentase guru yang akan memintamu untuk pindah jurusan. 

coba sukai jurusanmu yang saat ini sebagai cara menyukai jurusan yang sebelumnya tidak diminati

Lawan rasa tidak sukamu terhadap jurusan yang menurutmu buruk, pict by canva.com

3. Aktif Kegiatan di Pelajaran yang Disukai

Hal yang tidak mungkin terjadi kalau dalam sekolah pada jurusanmu tidak ada yang menarik minatmu. Setidaknya Sunners akan suka satu mata pelajaran, suka dengan organisasinya, atau suka pada ekstrakurikulernya.

Setelah kamu melakukan hal-hal yang kamu anggap menarik, biasanya sedikit demi sedikit kamu akan mencintai jurusan itu. Apalagi kalau kamu tidak acuh tak acuh pada jurusan tersebut, maka semakin cepat Sunners akan merasa nyaman. 

Ikuti kegiatan-kegiatan positif yang ada di jurusanmu agar mendorongmu menyukai jurusan tersebut, pict by canva.com

Nah, di atas adalah beberapa cara yang bisa Sunners lakukan agar menyukai jurusan yang tidak diminati. Pada dasarnya, semua jurusan akan sama saja, semuanya memiliki teknis serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada salahnya untuk mencoba beradaptasi dan mengembangkan pengetahuan dari jurusan yang sedang dijalani.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sunners dan semoga kamu bisa mengembangkan diri di manapun jurusan yang dipilih. Apa lagi nih yang perlu Mimin bahas?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,309
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?