WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Cara Agar Harimu Produktif dan Menyenangkan

Selama di rumah saja, Sunners mungkin merasa bosan memiliki banyak waktu luang, atau malah stres karena pada waktu tertentu kamu menjadi sangat sibuk akibat manajemen waktu yang buruk dan melakukan semua pekerjaan di waktu bersamaan.

Stres dan kebosanan di masa pandemi ini dapat berpengaruh buruk untukmu, Sunners. Kamu mungkin menjadi lebih sering merasa lelah, kurang motivasi, dan tingkat energimu menjadi tidak konsisten. Hal tersebut membuat kamu menjadi kesulitan untuk melakukan atau menyelesaikan berbagai hal.

Sunners, kamu bisa coba melakukan 3 cara ini agar kamu bisa tetap produktif setiap harinya dan suasana hatimu menjadi baik. Yuk kita simak!

  1. Membuat jadwal rutinitas

Rutinitas tidak harus diisi dengan aktivitas yang sama setiap harinya. Namun, sebisa mungkin kamu membuat target setiap hari. Hal tersebut dilakukan agar kamu termotivasi untuk mencapai target tersebut. Saat kamu mencapainya kamu akan merasa senang. Selain itu, kamu juga menjadi konsisten dan produktif dalam mengerjakan sesuatu.

Misal, kamu sedang ada tugas atau pekerjaan dalam jangka panjang. Kamu bisa membuat perencanaan waktu, kamu membuat jadwal pada jam 9 pagi sampai jam 12 siang di hari senin, rabu, dan jumat, kamu mengerjakan tugas atau pekerjaanmu. Jika apa yang kamu kerjakan belum selesai, singkirkan, dan kerjakan tugasmu di hari berikutnya.

Jika pekerjaanmu selesai lebih awal dari perkiraan, kamu bisa membuat perencanaan untuk pekerjaan selanjutnya. Selain berisi rencana pengerjaan tugas atau pekerjaan, kamu bisa membuat jadwal untuk pekerjaan rumah, seperti membersihkan kamar, mencuci, memasak, dan kegiatan lain.

  1. Siapkan daftar aktivitas yang menyenangkan

Daftar ini akan berguna saat kamu merasa tidak memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaanmu. Untuk mengeluarkan kamu dari situ, aktivitas yang dimasukkan dalam daftar sebisa mungkin adalah aktivitas yang membuat kamu bergerak ya, Sunners. Bangun dan bergerak akan membuat mood kamu baik dan terasa menyenangkan untukmu.

Kamu bisa mencoba aktivitas seperti olahraga di rumah, menari mengikuti lagu yang sedang kamu dengarkan, atau aktivitas-aktivitas kecil seperti bermain puzzle atau permainan papan lain, dan kamu juga bisa melakukan self-care. Kamu bisa mengoles kutek di kuku kamu, memakai masker wajah atau rambut, dan sebagainya.

  1. Melakukan kebaikan pada orang lain

Saat kita melakukan hal baik pada orang lain, bukan saja orang tersebut yang merasa senang, kita juga akan merasa senang. Pada situasi pandemi ini, banyak orang yang merasakan kesedihan dan ketakutan. Kamu bisa melakukan hal baik untuk membuat suasana menjadi lebih baik.

Kamu bisa membantu orang-orang yang kesulitan dan membutuhkan bantuanmu. Selain itu, kamu bisa melakukan kebaikan dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya, menelpon orang-orang terdekat kamu, tanyakan kabar mereka, mendengarkan cerita dan keluh kesah mereka, mengobrol. Kamu juga bisa memberikan pujian pada orang lain.

Cara-cara di atas dilakukan agar kamu tetap aktif setiap harinya, dan kamu tetap merasa senang karena kamu tidak setiap waktu mengerjakan pekerjaan.

Produktivitas bukan sekadar menyelesaikan dan menghasilkan banyak hal, Sunners. Tetapi tentang bagaimana kamu bisa merasa baik dengan apa yang kamu lakukan, dan proses dilakukan dengan optimal tanpa mengesampingkan keadaan fisik dan mentalmu.

Di masa pandemi ini, penting untuk kamu melakukan hal-hal yang menyenangkan agar imun dan suasana hatimu dalam keadaan baik, Sunners.

 

Penulis: Erika Septiyanti – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment