Majalah Sunday

2023 Rewind: Selamat, Kamu Bertumbuh!

Penulis: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, menjelang tahun baru kita bikin rewind tahun 2023 versi kamu, yuk!

2023 Rewind
2023 Rewind, pict by canva.com

Apa yang muncul ketika memikirkan momen terbaik di tahun 2023? Mungkin beberapa momen bahagia seperti ulang tahun atau ketika kamu pergi jalan-jalan, mendapatkan juara atau ketika jatuh cinta. Kebanyakan pasti mengaitkannya dengan momen istimewa. Gak salah juga sih, tapi bukan kehidupan namanya kalau cuma bahagia aja. Bener gak?

Dari buku berjudul “Heal Yourself” dikatakan, alih-alih mengaitkan momen terbaik dengan saat-saat bahagia, coba sekiranya kita menggeser sudut pandang bahwa momen terbaik adalah di mana kita, sebut saja, ‘at the lowest point’. Kenapa?

Momen Terbaikmu

Rewind 2023
Pict by unsplash.com

Meskipun pada awalnya kita gak bisa memahami kenapa kita harus mengalami kejadian buruk. Misalnya kehilangan anggota keluarga, atau ketika kamu merasa sendirian dan gak bisa cerita masalahmu ke siapa-siapa. Tapi, masa-masa jatuh itu hadir untuk membuatmu lebih kuat lagi.

Saat kehilangan, kita jadi belajar untuk bersyukur dan lebih menghargai yang ada. Ketika jatuh, kita belajar untuk bisa bangkit dan terus berjalan. Kita gak akan bisa merasa bahagia jika tidak pernah mengalami kesedihan. Kabar baiknya, hal baik dan buruk akan selalu kita alami secara bergantian.

Tanpa sadar momen terbaik kita bisa jadi adalah momen yang mungkin gak menyenangkan. Karena sebenarnya proses itulah yang membuatmu bertumbuh seperti sekarang, menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Pict by canva.com

Bahkan orang-orang hebat dunia yang kita kenal adalah mereka yang bisa bangkit dari masa-masa terpuruk. Bayangkan kamu tersenyum bangga melihat dirimu yang sekarang karena sudah berhasil melewati masa-masa sulit itu. Selamat, kamu bertumbuh!

Jika kamu belum bisa menerima kejadian buruk dalam hidupmu, it’s okay to take your time! Suatu saat nanti, ketika akhirnya kamu bisa bangkit dan memahami hikmah dibaliknya, pengalaman itu akan menjadi salah satu cerita terbaik dalam hidupmu.

Terus lakukan terbaik dan ciptakan momen-momen tak terlupakan untuk bisa diceritakan di tahun selanjutnya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 120
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?