WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Mengatasi Kecanduan Tiktok Saat Masa Ujian

Hai Sunners! Masa ujian telah tiba, nih! Bahkan jadwal pelaksanaan UTBK gelombang 1 juga kurang dari sebulan lagi. Tapi karena kendala daring, seringkali belajar jadi susah maksimal karena tergoda dengan notifikasi media sosial terutama Tiktok. Gimana ya cara mengatasinya?? Yuk, intip beberapa tips di bawah ini!

Belakangan ini Tiktok menjadi media sosial yang paling populer dan sering kali menjadi trendsetter bagi platform media sosial yang lain. Selain memiliki video filter dan stiker yang menarik, Tiktok juga menyajikan konten-konten penggunanya mulai dari yang mengedukasi sampai yang aneh dan konyol. Karena konten yang beragam inilah penggunanya betah berlama-lama menghabiskan waktu di Tiktok meskipun hanya sekedar scrolling konten di FYP alias beranda dan akhirnya malas untuk melakukan kegiatan lain terutama belajar. Padahal di masa ujian seperti sekarang diperlukan pendalaman materi secara maksimal supaya tidak kesulitan saat menjawab soal ujian. Nah, berikut ini mimin ada beberapa tips mengatasinya!

1. Atur Waktu dan Batasi Penggunaan Tiktok

Tips yang satu ini agak susah susah gampang terutama untuk kamu yang merasa sudah kecanduan. Tapi gak ada salahnya untuk diikuti, kan? Kuncinya kamu hanya perlu komitmen sama diri sendiri dan juga harus konsisten. Caranya dengan membatasi diri saat menggunakan aplikasi Tiktok dengan mengatur waktu dengan memanfaatkan stopwatch atau timer yang ada di handphonemu. Misal saat menggunakan aplikasi Tiktok kamu mengatur waktu penggunaannya hanya satu jam per hari.

2. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Tiktok

Nah, tips selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menonaktifkan fitur notifikasi pada aplikasi Tiktok. Fitur ini bisa kamu temukan di pengaturan handphonemu. Tips ini bisa menghindari kamu dari notif konten baru yang muncul tiba-tiba dan mengganggu konsentrasimu.

3. Uninstall Aplikasi untuk Sementara Waktu

Jika kamu merasa dua tips sebelumnya tidak cukup efektif dan malah memperparah kecanduanmu… gak ada salahnya kamu mencoba untuk rehat sejenak dan uninstall aplikasi Tiktok selama masa ujian. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus belajar bahkan kamu bisa menjadikan mindset meng-install ulang aplikasi Tiktok setelah ujian menjadi ‘hadiah’ pencapaianmu setelah menyelesaikan ujian.

Itu dia beberapa tips mengatasi kecanduan Tiktok saat masa ujian. Selain tips di atas, kamu juga bisa menginstall aplikasi pendukung yang tersedia di App Store seperti Forest: Stay Focused, Study Bunny: Focus Timer, atau FLIP yang akan mimin sertakan ikon aplikasinya di bawah ini. Aplikasi pendukung ini bisa membantumu tetap fokus belajar dan meminimalkan kecanduan bukan hanya Tiktok saja tetapi juga media sosial yang lain, lho, Sunners!

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment