WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Peringati Hari Dongeng Sedunia, ZeniusLand Ajak Anak Latih Pola Pikir Kritis Lewat Video Interaktif

Kita tentunya sudah tidak asing dengan cerita Si Kancil Mencuri Timun, Bawang Merah dan Bawang Putih, serta cerita rakyat seperti kisah Malin Kundang dan Timun Mas. Itu semua merupakan dongeng-dongeng populer di Indonesia yang kerap menjadi teman sebelum tidur bagi anak-anak. Bahkan, banyak pula kisah dongeng yang diangkat menjadi film televisi maupun film layar lebar sehingga dapat dinikmati dengan cara lain.

Dengan alur cerita yang sederhana namun menarik serta mengandung pesan moral yang bisa dipetik, kisah-kisah dongeng telah menghiasi masa kecil setiap anak. Untuk merayakan Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya, platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, meluncurkan video interaktif melalui kanal YouTube ZeniusLand.

Gambar 1: Petualangan Ini Akan Mengungkap Misteri Pencurian di Desa Cibiner

Gambar 2: Para Siswa Dapat Memilih Avatar Serta Kostum Bertema Disney dan Pixar

Gambar 3:  Salah Satu Contoh Materi Pembelajaran di Aplikasi ZeniusLand

Gambar 4: Tampilan Fitur Laporan dan Rekomendasi Pembelajaran yang Dapat Diakses oleh Orang Tua

 

Video interaktif berjudul “Cerita Tiga Sekawan Memburu Pencuri Misterius” akan menceritakan petualangan karakter Tiga Sekawan yaitu Gika, Aksa, dan Maji dalam memecahkan kasus pencurian heboh di Kota Cibiner bersamaan dengan hilangnya sepatu roda kesayangan Gika. Episode pertama akan menceritakan tentang awal permulaan kisah tersebut. Selanjutnya, anak akan diberi dua pilihan yang akan menentukan cerita selanjutnya, sesuai dengan pilihan masing-masing anak. Dalam tiap akhir episode, anak akan terus dihadapkan dengan pilihan berdasarkan petunjuk yang disajikan, sehingga akhir dari petualangan ini bergantung dari pilihan anak.

“Seri ini akan melatih anak untuk mempertanyakan segala hal, berpikir kritis, dan memecahkan masalah. Lewat video interaktif ini, anak akan diajak untuk berani membuat keputusan dari setiap petunjuk yang diberikan. Jadi, bukan hanya sekadar menonton, tetapi anak akan berperan aktif bagaikan terlibat dalam petualangan Tiga Sekawan,” tutur Founder dan Chief Education Officer Zenius Sabda PS.

Hal inilah yang diterapkan oleh ZeniusLand Powered by Disney, layanan terbaru dari Zenius yang menyediakan arena bermain sambil belajar untuk segmen sekolah dasar. Untuk meningkatkan motivasi belajar anak, user interface dan user experience di ZeniusLand didesain secara interaktif sehingga belajar terasa seperti bermain. Selain itu, tiap bab yang ada di aplikasi ZeniusLand memiliki berbagai chapter yang terdiri dari video animasi seru dengan karakter-karakter Disney maupun Tiga Sekawan, latihan soal interaktif, misi mingguan dengan hadiah, avatar dan kostum bertema Disney dan Pixar serta rekomendasi pembelajaran bagi masing-masing siswa.

“ZeniusLand menghadirkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa untuk mengeksplorasi rasa keingintahuan dan ketertarikan mereka pada pengetahuan. Dan dalam merayakan Hari Dongeng Sedunia ini, kami memilih media video interaktif agar anak bisa terlibat dan berpartisipasi langsung dalam pemecahan misteri,” tutup Sabda.

Yuk, bantu Gika, Aksa, dan Maji mengungkap misteri pencurian di Kota Cibiner. Kamu bisa memilih sendiri kelanjutan cerita, sehingga akhir dari kisah ini akan sangat bergantung dengan keputusan yang kamu buat. Untuk bergabung dalam petualangan Tiga Sekawan, kamu bisa mengunjungi kanal Youtube ZeniusLand.

Mampukah kamu menemukan pencurinya? Selamat berpetualang!

Leave A Comment