Majalah Sunday

Penampakan dan Mitos Singing Dog

Penulis: Chelvin Finakat Molama – Universitas Kristen Indonesia

Singing Dog atau anjing bernyanyi adalah sejenis anjing liar yang ditemukan di daerah pegunungan tengah Papua dan Papua New Guinea. Jenis anjing ini memiliki kemampuan vokal yang unik, yaitu menghasilkan suara mirip dengan nyanyian. Di balik kemampuannya yang unik, terdapat kisah mistis dari sosok berikut.

Sosok ini ditemukan pertama kali oleh seorang ahli biologi, Tim Flanery pada tahun 1950-an di pegunungan pulau New Guinea. Dia mencatat bahwa anjing-anjing ini hidup dengan masyarakat suku setempat di pegunungan, dan ada populasi liar yang hidup di pegunungan. 

Ia memiliki kemampuan vokal yang unik dan berbeda dari jenis anjing lain. Tidak hanya vokal unik, tetapi juga anjing ini menangis ketika tuannya pergi. Kemampuan vokal ini menjadi suatu daya tarik yang membuat singing dog diminati sebagai hewan peliharaan oleh orang luar Papua. Hal itu berbeda dengan kebanyakan orang Papua, yang memelihara jenis anjing ini untuk berburu babi hutan atau hewan buruan lainnya seperti kasuari, kuskus, dan seterusnya.

Sosok mistis singing dog? Seperti apakah dia?
Singing dog, salah satu sosok misteri yang akan kamu temui di tanah Papua, Picture by Canva.com

Sisi Mistis Anjing Bernyanyi

Di balik keunikan vokalnya, sosok mistis ini memiliki sisi mistisnya menurut kepercayaan masyarakat setempat. Beberapa kisah yang terkenal adalah:

Penampakan Singing Dog di Tengah Hutan Belantara

Seorang petualang menceritakan pengalamannya melihat anjing yang bernyanyi di tengah hutan Papua New Guinea. Menurut petualang tersebut, penampakan tersebut yang ditemukannya terlihat seperti hantu dan memiliki aura mistis yang kuat.

Petanda Bencana

Masyarakat setempat secara turun-temurun percaya bahwa penampakan sosok ini akan adanya bencana alam seperti longsor, banjir, dan seterusnya. Hubungan antara alam dan masyarakat Papua bersifat saling menjaga, sehingga apabila masyarakat merusak alam konsekuensi adalah musibah.

Singing Dog sebagai Pertanda Buruk

Ada kalanya kemunculan sosok ini dengan nyanyian yang indah juga memberikan pertanda baik akan adanya hasil buruan yang akan didapat.

Anjing bernyanyi, bukan sekadar mitos jika kamu hadir di tanah Papua, picture by canva.com

Mitos dan Kepercayaan seputar Singing Dog

Makhluk mistis ini memiliki peran penting dalam budaya masyarakat Papua. Berikut ini adalah beberapa mitos dan kepercayaan terkait:

Peran Singing Dog dalam Budaya dan Tradisi Masyarakat Setempat

Sosok ini memiliki peran penting dalam budaya masyarakat setempat. Mereka percaya bahwa keberadaannya membantu mereka memberikan pertanda-pertanda tertentu, sehingga mereka dapat mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi. Selain itu, masyarakat setempat percaya bahwa singing dog menjaga keseimbangan hutan, gunung, dan sungai-sungai. 

Mitos Seputar Singing Dog dalam kepercayaan masyarakat

Masyarakat setempat percaya bahwa makhluk ini bisa menjelma menjadi manusia dan hidup di dunia lain. Selain itu, seseorang yang melihat atau bertatapan dengannya akan mengalami nasib buruk di masa mendatang. 

Kebenaran dan asal-usul mitos tersebut

Sosok ini memang benar adanya di daerah pegunungan Papua dan Papua New Guinea. Namun, sangat jarang sekali ditemukan dan sulit dipastikan asal-usulnya. Hal ini karena banyak mitos dan kepercayaan dalam masyarakat setempat yang diwariskan secara turun-temurun dan belum dapat diuji secara ilmiah. 

Makhluk ini merupakan jenis anjing yang memiliki kemampuan vokal yang unik dan menjadi daya tarik bagi banyak orang. Namun, di balik kemampuannya yang unik, terdapat mistis dan kepercayaan yang masih menjadi misteri. Oleh karenanya, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengungkap kebenaran dan asal usul mengenai Singin Dog di Papua dan Papua New Guinea. 

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Ikutan berkarya di Majalah Sunday

Chat Di Sini!
Post Views: 377
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?